Bank Panin Hadirkan German Desk di Indonesia

Bank Panin Hadirkan German Desk di Indonesia
Panin Bank, bersama lembaga perdagangan dan investasi Jerman Deutsche Investitions- und Entwicklungsgesellschaft (DEG) dan Kamar Dagang Industri Dan Perdagangan Indonesia - Jerman (EKONID) secara resmi mengumumkan kerja sama untuk membuka German Desk, Kamis (30/11). ( Foto: Istimewa )
Imam Suhartadi / IS Kamis, 30 November 2017 | 21:00 WIB

Jakarta – Panin Bank, salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia, bersama lembaga perdagangan dan investasi Jerman Deutsche Investitions- und Entwicklungsgesellschaft (DEG) dan Kamar Dagang Industri Dan Perdagangan Indonesia – Jerman (EKONID) secara resmi mengumumkan kerja sama untuk membuka German Desk – Financial Support and Solutions pertama di Indonesia.

Meja dagang ini bertujuan untuk memperkuat hubungan dagang antara kedua negara, dan mendukung perkembangan perusahaan-perusahaan Indonesia melalui berbagai produk dan solusi finansial yang ditawarkan oleh ketiga pihak tersebut.

Produk dan layanan ini meliputi pinjaman jangka panjang, pemodalan ekuitas, mezzanine financing, garansi keuangan, solusi finansial perdagangan, dan jasa konsultasi melalui studi kelayakan dan layanan dukungan usaha lainnya.

“Kami amat gembira menyambut kerja sama bersama DEG . ni adalah pertama kalinya institusi Jerman dan perbankan Indonesia membangun kerja sama seperti ini. Kami berharap inisiatif ini bisa memperkuat hubungan dagang antara Indonesia dan Jerman,” kata Presiden Direktur Panin Bank Herwidayatmo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (30/11).

Perdagangan antara kedua negara mencapai nilai US$ 5,8 miliar  pada tahun 2016. Produk unggulan Indonesia di pasar Jerman termasuk pakaian, bahan kimia organic, dan produk makanan seperti cokelat dan kopi.

Sementara itu, impor Indonesia dari Jerman meliputi produk-produk teknologi tinggi Jerman dan juga pengetahuan teknis yang terpandang di dunia.

“Indonesia sudah bertahun-tahun menjadi pasar investasi yang penting untuk DEG. Kami bangga bisa membuka meja dagang Jerman pertama di Asia di Indonesia bersama Bank Panin, yang merupakan nasabah lama kami, dan juga EKONID,” jelas Bruno Wenn, Chairman of DEG’s Management Board.

Ia melanjutkan, melalui kerja sama ini ingin menciptakan kesempatan-kesempatan usaha baru bagi perusahaan-perusahaan Jerman dan rekan dagang mereka.

“ Meja dagang ini menawarkan solusi-solusi pembiayaan inovatif yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan-perusahaan yang mengunakannya,” katanya.

 



Sumber: Investor Daily