Indonesia Akhirnya Swasembada Beras, Bawang, Jagung, dan Cabai

Indonesia Akhirnya Swasembada Beras, Bawang, Jagung, dan Cabai
Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan Indonesia sudah mampu melakukan swasembada empat komoditas yakni beras, bawang merah, jagung dan cabai. ( Foto: Beritasatu tv )
Aichi Halik / YTB Rabu, 3 Januari 2018 | 18:16 WIB

Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan Indonesia sudah mampu melakukan swasembada empat komoditas yakni beras, bawang merah, jagung dan cabai.

Selanjutnya, menurut Amran, ada empat komoditas pertanian yang menjadi fokus swasembada Indonesia pada 2018, yakni rempah-rempah, bawang putih, gula dan kedelai.

"Kita swasembada beras, bawang, jagung dan cabai. Empat selesai, stok kita aman. Ke depan, kita fokus lagi pada rempah-rempah, bawang putih, gula dan kedelai. Kita tingkatkan, maka komoditas strategis naik," katanya saat Rakor Gabungan Ketahanan Pangan dan Evaluasi Upaya Khusus (Upsus) 2017 di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (3/1).

Menurut Amran, dalam evaluasi kinerja 2017, Indonesia berhasil mengurangi, bahkan menghentikan impor bawang merah, yakni dari 2014 sebanyak 72.000 ton, 2015 sebanyak 12.000 ton, 2016 berhenti impor dan ekspor ke enam negara, salah satunya Thailand pada 2017.

Ia menambahkan saat ini stok beras yang dimiliki Bulog sekitar 1 juta ton. Jumlah tersebut akan bertambah memasuki panen puncak akhir Januari 2018 sehingga Bulog diminta antisipasi kemungkinan jatuhnya harga beras pada panen raya.



Sumber: BeritaSatu TV
CLOSE