Tampilan Mobil Tata Nano 2012
Berikut daftar mobil termurah di dunia yang diproduksi secara massal

Dalam memilih kendaraan, tentunya Anda akan menyesuaikan impian dengan anggaran yang dimiliki. Untuk itu, ketersediaan mobil murah tentu menjadi pilihan.

Meskipun, pertimbangan jenis, merek, dan desain serta kebutuhan umumnya juga menjadi pertimbangan utama. Lalu tahukah Anda, apa saja mobil termurah yang ada di dunia dan diproduksi secara massal pada saat ini, berikut daftarnya:

1. Tata Nano (US$2.497)

Mobil ini telah mendapatkan hak paten dari proses pembuatannya yang berawal dari powertrain hingga perakitannya. Untuk mendapatkannya, konsumen sebuah mobil Tata Nano hanya dibanderol dengan harga US$2.497 (sekitar Rp22,8 juta).

2. Chery QQ (US$4.781)

Sejatinya Chery QQ hampir dua kali memperoleh predikat mobil termurah di dunia. Namun, mobil ini sering tersandung isu trademark yang karena kemiripannya dengan Daewoo/Chevrolet Matiz. Harga yang ditawarkan untuk mobil ini sebesar US$4.781, sedangkan di Indonesia di rentang harga antara Rp75,9 juta–Rp80,2 juta

3. Suzuki Maruti 800 (US$4.994)

Hingga munculnya Tata Nano, Suzuki Maruti 800 merupakan mobil terkecil yang pernah diproduksi, selain tentunya merupakan mobil termurah di pasar India dan negara-negara di dekatnya termasuk Amerika Selatan. Beberapa versi dari Maruti lainnya segera hadir di pasar Eropa. Harga untuk mobil ini senilai US$4.994 (sekitar Rp45,6 juta)

4. Geely MR (US$5.500)

Varian lain milik produsen mobil Cina yang mirip dengan HQ adalah Geely MR. Yang membedakannya yaitu mobil ini dapat ditanamkan powertrain yang lebih sporty. Mobil ini dilepas dengan harga US$5.500 (sekitar Rp50,2 juta)

5. Geely HQ SRC (US$5.780)

Tentunya Anda masih mengingat Daihatsu Charade, kendaraan subkompak yang dipasarkan pada pertengahan era tahun 80-an. Pengembangan Geely HQ SRV 5-door ini pun berbasis pada model tersebut. Harga yang ditawarkan untuk satu buahnya sebesar US$5.780 (sekitar Rp52,8 juta).

6. Chery A-1 (US$7.340)

Sekilas tampilan Chery A-1 cukup menjanjikan menjadi kendaraan subkompak. Bahkan desas-desusnya mobil ini akan dijual di bawah brand Dodge ke Mexico. Ini merupakan kemitraan antara Chery dengan perusahaan asal Austria, AVL yang akan membawa teknologi yang dibutuhkan sehingga mobil ini dapat memenuhi standar Euro IV. Harganya pun hanya US$7.340 (sekitar Rp67 juta).

7. Tata Indica (US$8.500)

Produk Tata Motors lainnya yakni Indica, sejatinya tidak bisa diharapkan di pasar Eropa. Satu-satunya alasan mengapa model ini dapat bertahan hanya karena tidak ada pilihan lain yang lebih murah di pasar tersebut. Mobil tersebut juga di pasarkan di Afrika Selatan dan meraih sukses besar. Harganya senilai US$8.500 (sekitar Rp77,6 juta).

8. Hyundai i10 (US$9.096)

Baru-baru ini produsen mobil asal Korea, Hyundai telah menggelontorkan lagi produk teranyarnya yakni i10 hatchback 5 pintu. Kemunculannya merupakan pengganti Atoz sebagai varian terlaris, dan dilepas dengan harga US$9.096 (sekitar Rp83,1 juta).

9. Fiat Palio (US$9.242)

Lahir di negara Brasil dan dikembangkan di berbagai negara di Amerika Latin, seperti Polandia, Maroko, Turki, India, Afrika Selatan, Cina dan Rusia untuk versi sedannya, Fiat Palio patut menyandang gelar “world car”. Mobil ini merupakan model pertama yang dirancang dengan teknologi terbaru dan dibanderol senilai US$9.242 (sekitar Rp84,4 juta).

10. Renault/ Dacia Logan (US$9.477)

Dibangun di negara Rumania, Turki, Brasil, India bahkan Iran, Renault Dacia Logan dirancang agar biaya yang dikeluarkan tidak besar dengan fitur yang modern. Dilihat dari desainnya, berarti produk ini akan berbagi ruang dengan Renault Clio/Modus dan Nissan Micra. Harga yang ditawarkan senilai US$9.477 (sekitar Rp86,5 juta).

Penulis: