Ilustrasi komponen otomotif
Denso yakin Indonesia akan menjadi salah satu pasar yang terus berkembang di Asia.

Perusahaan komponen otomotif PT Denso Indonesia melakukan pembangunan pabrik ketiganya di Indonesia dengan nilai investasi US$110 juta di kawasan industri Bekasi Fajar MM2100, Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik yang memproduksi komponen utama produk pendingin udara (air conĀ­ditioner) kendaraan bermotor ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasar otomotif di Tanah Air.

Senior Executive Director untuk Bisnis Thermal System Denso Corporation Jepang, Akio Shikamura mengatakan, Denso akan meningkatkan rasio produksinya di Indonesia dengan menambah kapasitas produksi,

Aksi korporasi ini dilakukan karena Denso yakin Indonesia akan menjadi salah satu pasar yang terus berkembang di Asia.

"Diharapkan pabrik ini dapat menaikkan kontribusi pada perekonomian Indonesia melalui peningkatan investasi dan penyerapan tenaga kerja" kata Akio Shikamura di sela pembangunan pabrik Denso Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (30/11).

Pabrik tersebut dibangun di atas lahan seluas 20 hektare dan akan mulai beroperasi pada bulan Februari 2014. Pabrik itu akan memproduksi suku cadang kontrol mesin seperti ECUs (Engine Electronic Control Units) dan sistem kontrol VCT (Variabel Cam Timing), alternator, starter, dan suku cadang lainnya.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengapresiasi aksi korporasi Densi menambah investasinya di Indonesia karena dapat menambah tenaga kerja 1.700 orang. "Ini belum termasuk investasi turunan di industri sub komponen atau Tier 2-nya," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat dalam sambutannya.

Menperin mengatakan, pembangunan pabrik itu akan berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia karena turut meningkatkan investasi, karyawan dan jumlah pemasok lokal. "Ini akan mendukung pertumbuhan industri nasional," kata Menperin.

MS Hidayat juga berharap, pembangunan pabrik itu juga akan menjadi bahan transfer teknologi serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang industri otomotif.

Secara nasional kata dia, saat ini ada sekitar 1.400 industri komponen yang tergolong dalam industri komponen Tier 1, Tier 2, dan Tier 3.
 
Presiden Komisaris PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) Johnny Darmawan mengatakan, Denso Indonesia menjawab tantangan melokalkan komponen otomotif di Indonesia. Hal itu menurut dia, terkait positifnya perkembangan Indonesia di industri otomotif dan komponen.

Dia mengatakan, ada tantangan yang harus diselesaikan Indonesia yaitu perbaikan infrastruktur dan peraturan.

Dalam acara itu turut dihadiri President dan CEO Denso Corporation Japan Nobuaki Katoh, President Komisaris PT Astra Otoparts Tbk Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Denso Indonesia Yutaka Yamanouchi. Selain itu dihadiri perwakilan Kedutaan Jepang di Indonesia Shigeru Ushio dan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin.

Penulis: