BeritaSatu.com

Hidup Anda bisa seindah pelangi
Jika Anda pandai mewarnai.
Kami datang setiap hitungan detik,
membawa aneka ragam informasi.

Beritasatu.com mewarnai hidup Anda
dengan informasi aktual-penuh makna.
Beritasatu.com sumber informasi terpercaya.
Close
Beritasatu menerima blog karya Anda. Kirimkan ke blog@beritasatu.com

"5 Daily Important Relational Moment"

Kamis, 23 Februari 2017 | 00:00

Saat ini kehidupan manusia benar-benar telah dibombardir dengan segala aktifitas nirkabel (aka: Wireless). Segala sesuatu dapat kita lakukan tanpa harus bertatap muka atau berbicara secara langsung. Hal ini memang sangat membantu dan memudahkan kita dalam menyelesaikan berbagai aktifitas sehari-hari.

Jika dulu kita harus datang ke minimarket untuk berbelanja (dan berinteraksi secara real dengan penjual), kini kita hanya perlu menekan tombol click untuk berbelanja. Masih banyak contoh aktifitas nirkabel yang terjadi saat ini. Dan sepertinya akan terus bertambah dan meluas jenisnya.

Satu hal perlu kita pahami; budaya nirkabel tak hanya mempermudah, tapi juga dapat menumpulkan bahkan memutuskan hubungan nyata dengan sesama kita - bahkan dengan orang terdekat kita, yaitu pasangan kita sendiri. Disadari atau tidak, dengan kesibukan yang ada, persentase kita berkomunikasi dengan pasangan bisa saja lebih banyak melalui gadget dibandingkan face to face.

Kondisi ini membuat kita menjadi orang-orang yang semakin individualis dan kurang peka. Berikut ini adalah lima cara mudah dan sederhana yang harus kita lakukan setiap hari kepada pasangan, untuk menjaga kedekatan dan intimasi, agar tidak terkena dampak negatif budaya nirkabel.

#1. Saat mereka bangun tidur.

Sambut pasangan Anda saat mereka bangun dan bersiap di pagi hari? “Saya sangat mencintai kamu dan saya senang dapat bangun dan berada disampingmu.”

Lakukan setiap Anda bangun, karena tindakan ini meyakinkan pasangan Anda bahwa Anda masih terus mencintainya dan pujian ini memberi semangat untuk pasangan Anda.

#2. Saat mereka berangkat beraktivitas di pagi hari. 

Bagaimana Anda melepas pasangan Anda di pagi hari ?

Jika Anda merasa hanya memiliki satu senyum saja, berikanlah kepada orang yang sangat Anda cintai. Berikan kata-kata yang dapat mendorong pasangan Anda, agar pasangan menjadi berarti. Ketika kita memberikan kata-kata positif kepada pasangan, Anda sedang menempatkan energi keberanian ekstra untuk melakukan sesuatu, melepaskan beberapa potensi yang belum dimanfaatkan di beberapa area kehidupan mereka.

#3. Saat mereka pergi di siang hari. 

Saat pasangan Anda sedang sibuk dengan pekerjaanya di siang hari, tetap jaga komunikasi dengan pasangan Anda. Kirimkan SMS, chat message, email ataupun menelepon sebagai tanda bahwa: Aku mengingat/ memikirkanmu.

Mereka harus tahu bahwa Anda peduli pada mereka. Kata-kata Anda akan menjadi vitamin dan membantu mereka untuk melewati hari-harinya. Jika Anda melakukan ini, maka dua pesan tersampaikan: “YOU are on my mind” and “WE are on my mind.”

#4. Saat mereka pulang. 

Bagaimana cara Anda menyapa pasangan Anda saat mereka pulang?

Sapa pasangan Anda setiap kali mereka pulang dari suatu tempat. Ketika pasangan Anda kembali dari pekerjaan, tugas, acara, dll, sambut dengan penuh cinta, dengan pelukan dan ciuman untuk menunjukkan kegembiraan saat melihat mereka.

Seringkali, ketika pasangan pulang ke rumah, pasangan lainnya ada di tengah-tengah kesibukan seperti: menyiapkan makan malam, pekerjaan rumah tangga, mengurus anak-anak, melakukan hobi, TV, dll, sehingga nyaris tak sempat menyapa. Bayangkan saat ada tamu berkunjung, kita secara otomatis menghentikan kegiatan apapun yang sedang dilakukan untuk menyambut tamu yang datang ke rumah. Seperti itulah seharusnya kita memperlakukan pasangan agar ia merasa dihargai.

#5. Saat mereka hendak tidur.

Bagaimana cara Anda mengatakan selamat malam kepada pasangan anda?

Ucapkan terimakasih dan ungkapkan rasa syukur Anda kepada pasangan Anda untuk
sesuatu yang spesifik yang ia lakukan. "Terima kasih kamu sudah menafkahi saya dan keluarga." Atau "Terima kasih sudah memberi saya semangat hari ini." “Terimakasih sudah bersikap jujur dan bercerita tentang pekerjaan kamu” dll. Kata terimakasih, syukur, apresiasi dan selamat malam sangatlah penting untuk kesehatan sebuah pernikahan.

(Sumber: Dr. Greg Smalley – Vice President, Marriage Department Focus on the family Colorado, USA)

Blog Author
V Mellanov
V Mellanov
Direktur Focus on Family Indonesia
Mengawali kariernya dari seorang entrepreneur dan trainer in house di salah satu perusahaan oil and gas. Tetapi terjun beralih untuk mengubah bangsa dengan mendedikasikan waktunya di salah satu yayasan keluarga untuk memberikan konseling dan pendampingan buat anak-anak remaja dan keluarga. Menjadi Direktur Focus on Family Indonesia (FOFI) sejak tahun 2014,ia berharap dapat membantu keluarga, berkembang dan bahagia serta mengembalikan nilai-nilai budaya yang hilang dalam keluarga.
Total post : 2 | lihat semua post