Kekuatan Wanita

Tulisan ini saya tujukan bagi para wanita yang ingin mempraktekkan kekuatannya dengan cara hang benar dan sesuai kodrat. Kepada setiap wanita yang terpuruk dan ingin bangkit, namun takut karena banyak hal yang menghimpit pikiran dan mengganggu hatinya. Ini saatnya untuk kalian bangit bagi keluarga, bagi lingkungan dan bagi negara kita Indonesia. 

Pernahkah Anda mendengar pepatah “Dibalik pria hebat ada wanita yang hebat” dan “Dibalik anak yang hebat ada ibu yang hebat”. Wow, artinya semua keberhasilan seorang suami dan anak terletak ditangan wanita yang menjadi istri dan ibu mereka. Ini luar biasa!

Dari bangun pagi hingga tidur malam, rasanya tidak habis-habisnya pekerjaan seorang ibu. Hal ini membuktikan bahwa di dalam diri seorang wanita yang menjadi ibu terdapat begitu banyak pengaruh untuk dapat menopang keluarganya. Dan ini membuktikan bahwa wanita adalah sosok yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Tapi sayangnya, masih banyak wanita yang belum menyadari bahwa kekuatan dan pengaruh yang ada dalam dirinya itu sangat berharga. Tidak salah   bila seorang wanita yang karena kecintaannya pada keluarga lalu mengabdikan diri sepenuhnya hanya untuk keluarganya. Namun perlu diingat, jangan sampai pengabdian Anda sebagai seorang wanita membuat Anda tidak lagi memikirkan diri sendiri bahkan kehilangan jati diri. Alangkah sayangnya bila potensi kita tidak dipergunakan dengan lebih luas serta memberi arti bahkan menjadi berkat bagi lingkungan sekitar.

Pernah ada seorang kawan yang bertanya kepada saya, "Bila kelak anak-anak sudah besar, menikah dan tidak bersama kita lagi, apakah yang akan kita lakukan? Duduk merenung menunggu waktu yang berlalu hanya dengan suami begitu saja, atau melakukan sesuatu dan mencoba hal baru?" Hal ini cukup menyentak pikiran saya dan membuat “sesuatu” di dalam diri saya bangkit.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, saya sangat mencintai dan mengabdikan diri sepenuhnya untuk keluarga. Tetapi saya berpikir, alangkah sayangnya bila potensi yang ada dalam diri saya terlewatkan begitu saja, padahal saya dapat melakukan sesuatu yang jauh lebih berguna untuk orang banyak disamping membangun dan melayani keluarga saya.

Hal inilah yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk terlibat dalam sebuah organisasi yang menurut saya, membawa dampak positif tidak hanya bagi saya pribadi namun juga bagi keluarga saya dan lingkungan sekitar. Karena dengan aktif berorganisasi maka hidup kita tidak akan berjalan biasa saja. Melainkan kita lebih bersemangat, lebih produktif dan tentu saja hidup kita menjadi lebih berarti.

Saya merasa, amatlah penting untuk seorang wanita dapat menemukan komunitas untuk menggali kekuatan dan potensi diri dengan maksimal. Selama kita tidak melupakan tugas utama kita sebagai isteri dan ibu, belajar berorganisasi akan mengasah kemampuan kita dalam membangun hubungan dengan sesama, saling berempati dan berbagi tanpa membedakan suku, ras, dan agama tertentu. Menjaga sikap dan perkataan dalam membangun hubungan pertemanan juga amatlah penting. Karena ucapan dan tindakan kita menunjukkan kualitas diri kita.

Kekuatan wanita juga terletak pada kemampuannya untuk menjadi sosok penolong (terutama) dalam masa kesesakan, dan bukannya menjadi perongrong dalam segala kesempatan. Bila kita dapat menggunakan kekuatan yang ada dalam diri kita ini untuk mendatangkan kebaikan, maka kita akan membawa pengaruh besar dalam keluarga dan hidup orang lain.

Menjadi wanita hebat bukan berarti menguasai apa yang dikuasai oleh kaum pria, namun mampu menjadi energi penggerak bagi sesamanya dalam berbagi inspirasi dan kekuatan. Jangan lupakan kodrat dan panggilan sejati kita. Karena disitulah letak keunikan dan kekuatan kita sebagai seorang perempuan.

PENULIS:

FOF Indonesia Ambassador
Cynthia Lie Abadi adalah salah satu Focus on Family (FOF) Indonesia ambassador. Istri dan ibu dua anak jebolan Akuntansi Universitas Tarumanegara Jakarta ini menjabat sebagai sekertaris dalam FOF Indonesia Ambassador.