BeritaSatu.com

Hidup Anda bisa seindah pelangi
Jika Anda pandai mewarnai.
Kami datang setiap hitungan detik,
membawa aneka ragam informasi.

Beritasatu.com mewarnai hidup Anda
dengan informasi aktual-penuh makna.
Beritasatu.com sumber informasi terpercaya.
Close
    Beritasatu menerima blog karya Anda. Kirimkan ke blog@beritasatu.com

    Apakah Anda Yakin Liga Inggris Liga Terbaik Dunia?

    Kamis, 21 Februari 2013 | 11:00

    Membandingkan liga-liga di Eropa sangat menarik jika dicermati. Memang sulit menentukan  liga terbaik di dunia saat ini. Penyebabnya adalah tim yang kita dukung pasti kita berikan  sebagai tim terbaik yang berada di liga terbaik. Susah membuat pecinta sepakbola untuk mecoba realistis jika dilihat dari kenyataannya.

    Banyak yang menilai Liga Inggris sebagai liga terbaik di dunia saat ini. Menurut saya belum tentu. Kadang-kadang saya berpikir kenapa Liga Inggris disebut liga terbaik dunia jika dilihat dari :

    Liga yang baik otomatis mempunyai klub yang baik. Dari Liga Inggris memiliki sejumlah nama-nama klub besar tapi musim ini saja tinggal dua klub yang lolos ke fase 16 besar Liga Champions. Liga Jerman yang kita anggap hanya Bayern Munchen saja. Tetapi wakilnya masuk semua ke babak 16 besar UCL musim ini. Bahkan semua wakilnya menjadi juara di grupnya masing-masing.

    Liga yang baik harusnya melahirkan  pemain yang baik juga. Pemain baik di sini maksudnya, pemain yang masuk dalam nominasi Ballon D’or, sebagai penghargaan pemain tertinggi. Tapi kita lihat nominasi Ballon D’or tahun ini semuanya bermain di Liga Spanyol.

    Liga yang baik harusnya melahirkan timnas yang baik. Tapi kapan Inggris juara dunia? Dengan pemain “sekelas” itu harusnya bisa berapa piala mereka dapat? Inggris terakhir juara tahun 1966. Bahkan Indonesia bisa sedikit bangga disini, Indonesia terakhir juara 1991 (walaupun sea-games). Kita lihat Itali yang dianggap sebagai liga nya pemain tua  sudah ada berapa bintang di jerseynya. Euro 2012 kemarin Itali yang tidak masuk unggulan juara, bisa masuk final mengalahkan Jerman di semi final.

    Jika ada pertanyaan “kekuatan klub Inggris merata? Pemainnya juga merata di setiap club?”

    Kita lihat saja dari klasemen musim ini apakah tim-tim yang Anda maksud berada di klasemen atas? Apakah tim yang Anda maksud menempel ketat pimpinan klasemen? Tetap saja tim-tim yang Anda maksud itu sebagai tim medioker. Liga Inggris, Spanyol, Itali, Jerman, Perancis pimpinan klasemennya jauh meninggalkan pesaingnya, toh gak ada bedanya.

    Lagi-Lagi pertanyaan ini dilemparkan kepada Anda “liga terbaik dari mananya Inggris kalo gitu?”  Menurut saya Liga Inggris hanya unggul masalah publikasi yang luar biasa dari media-media luar dan kesehatan uang di klubnya masing-masing. Mungkin Anda tidak pernah tahu jika Miguel Perez Cuesta “Michu” pemain Rayo Vallecano sebelum main di Swansea.

    Jika argumen Anda memberikan sinyal-sinyal bahwa Liga Inggris lebih kompetitif dari pada liga lain di Eropa. Lihat saja musim ini jauh tertinggal pesaingnya. Jika Anda masih membelanya dengan argumen “lihat musim kemarin dong poin nya sama juara dan runner-up nya?”. Maka saya akan memberikan data bahwa kemarin sebelum Anda melabelkan Liga Inggris sebagai liga terbaik dunia. Liga C Rumania lebih ketat kompetisinya. Lihat dari pimpinan klasemen sampai peringkat 16.

    Liga Rumania 1983-1984

    Oke mungkin jika bisa berandai-andai Bayern Munchen, Shaclke, Borusia Dortmund, Juventus, Milan, Inter, Barcelona, Real Madrid ikut kejuaraan Liga Inggris bukan tidak mungkin kita melihat Manchester United, Chelsea, Manchester City, Arsenal dan Liverpool terseok-seok di jurang degradasi.

    Komentar
    Artikel ini belum lengkap tanpa pendapat Anda. Kirim komentar Anda.
    Loading komentar...
    Blog Author
    Herlando
    Herlando
    Penikmat sepak bola
    Penikmat sepakbola yang sotoy mengamati dan menulis sepak bola dari sudut tribun. Berusia 23 tahun berakun twitter @LandodnaL
    Total post : 3 | lihat semua post