Ajang Putri Wirausaha Kreatif Kembali Digelar

Ajang Putri Wirausaha Kreatif Kembali Digelar
Para finalis Putri Wirausaha Kreatif 2013 berpose bersama Johnnie Sugiarto (CEO El John Indonesia) dan Dewi Motik (Ketua Umum KOWANI) seusai sesi pembekalan materi di Mercure Convention Center, Ancol, Jakarta Utara (1/7). ( Foto: Beritasatu.com / ASP )
ASP Selasa, 2 Juli 2013 | 02:31 WIB

Jakarta - Pada pemilihan Putri Wirausaha Kreatif 2013 oleh Yayasan El John Indonesia, rangkaian acara diawali dengan karantina pada 1-4 Juli 2013. Tahun ini merupakan kali ketiga terselenggaranya ajang pemilihan tersebut. Sebagai pembuka, Ketua Umum Kowani (Kongres Wanita Indonesia), Dewi Motik, memberi pembekalan materi di depan ke-27 finalis di Mercure Convention Center, Ancol, Jakarta Utara (1/7).

Dewi Motik memberi wejangan, dalam memunculkan jiwa wirausaha, jangan pernah merasa malu untuk memulai sesuatu yang unik. Selain itu Motik juga menyampaikan, bahwa yang terpenting dari seorang wirausaha adalah memiliki rasa simpati dan empati terhadap orang lain.

Setelah sesi pembekalan pertama, pendiri sekaligus CEO El-John Pageants, Johnnie Sugiarto, turut memberi pembekalan materi serta menjelaskan visi dan misi dari ajang pemilihan Putri Wirausaha Kreatif ini.

Sugiarto memiliki alasan tersendiri atas terciptanya ajang pemilihan Putri Wirausaha Kreatif ini. Ia percaya, dari sekian aksi wirausaha di Indonesia, masih ada hal yang bisa ditingkatkan. Dalam hal ini kreativitas anak muda adalah kata kuncinya.

Sugiarto berharap, setelah terpilihnya para finalis, mereka dapat menjalankan tugasnya untuk mengajak anak muda Indonesia lainnya menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

Di sela-sela acara, salah satu finalis dari DKI Jakarta, Rika Pertiwi Zulfi dengan nomor peserta 27, menyampaikan harapannya mengikuti ajang pemilihan ini.

"Saya ingin dapat ilmu dari orang-orang yang terbukti berhasil di bidang wirausaha. Selain itu, saya juga ingin menambah networking serta mengetahui kapasitas diri," jelas perempuan yang telah memiliki bisnis di bidang Wedding Planner bersama ibunya ini.

Nampak hadir pula pada acara ini, pemenang Putri Wirausaha Kreatif 2012, Febrizky Yahya (23). Pada kesempatan tersebut, salah satu runner-up Putri Wirausaha Kreatif 2012, Adithyasanti Sofia, didapuk sebagai pembawa acara selama sesi berlangsung.

Ajang Putri Wirausaha Kreatif ini adalah bagian dari program CSR (Corporate Social Responsibility) El John Indonesia, perusahaan yang berfokus di bidang pariwisata. El John yang berdiri sejak 1974, memiliki delapan pilar perusahaan dengan 88 unit usaha, di antaranya bergerak di bidang perhotelan dan multimedia.

Sebelumnya, peserta yang berjumlah 27 orang merupakan hasil seleksi dari audisi di beberapa daerah di Indonesia. Terdapat 12 poin kualifikasi calon peserta, yaitu : (1) Wanita dan WNI (2) Berumur 19-25 tahun (3) Tinggi minimal 165 cm (4) Belum menikah dan memiliki anak (5) Lulus SMA (6) Berbahasa Indonesia baik dan benar (7) Memiliki wawasan Kewirausahaan Kreatif (8) Bebas narkoba, rokok, dan minuman keras (9) Mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan mudah bersosialisasi (10) Sehat jasmani dan rohani (11) Berkepribadian baik (12) Cerdas, cantik, dan ramah.

Sementara itu, Malam Penobatan Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2013 akan berlangsung pada 4 Juli, di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Malam penobatan tersebut merupakan puncak acara sekaligus penutup rangkaian penyelenggaran Putri Wirausaha Kreatif 2013.

CLOSE