Man's Defender, Buku Pertama di Indonesia dengan Teknologi VR

Peluncuran Man's Defender VR Book, di Jakarta, 9 Desember 2016. (Beritasatu.com/Herman)

Oleh: Herman / JAS | Jumat, 9 Desember 2016 | 20:55 WIB

Jakarta - Teknologi virtual reality (VR) tidak hanya bisa dinikmati di aplikasi permainan atau sport. Kegiatan membaca buku kini juga sudah mengadopsi teknologi VR. Cerita fiksi karya penulis Maisie Junardi dan Donna Widjajanto berjudul Man's Defender menjadi pelopor hadirnya teknologi tersebut dalam sebuah buku. Oleh karena itu buku ini menyandang gelar First VR Book in Indonesia.

Untuk menghadirkan teknologi VR, kedua penulis tersebut bekerja sama dengan Bobby Arthawan dan Steve Makalew dari Bilcom sebagai pengembang aplikasi, serta Henky Christianto dari 360 Indonesia sebagai penyedia konten dalam menciptakan konsep VR Book.

"Di dalam Man's Defender VR Book, pembaca tidak hanya akan disuguhkan dengan tampilan teks saja, tetapi juga dapat memilih untuk mendengar cerita tersebut dinarasikan," papar Bobby Arthawan selaku project leader VR Book Team, di Jakarta, Jumat (9/12).

Tidak hanya itu, Bobby menambahkan teknologi VR juga bisa membawa pembaca seolah-olah melihat langsung tempat-tempat unik yang dikunjungi tokoh dalam cerita fiksi tersebut dari balik kacamata VR mereka. Apalagi cerita dalam buku ini banyak mengangkat keindahan dan keunikan berbagai budaya di dunia, termasuk Indonesia.

Rencananya Man's Defender VR Book akan tersedia mulai Maret 2017, begitu juga untuk versi cetaknya. Sementara versi buku digital atau eBook sudah dapat diunduh di aplikasi Scoop.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT