Film Nasional Akan Tampil di Festival Seni Europalia Indonesia di Belgia

Group band beranggotakan empat wanita asal Indonesia, Flower Girls tampil di acara jelang pembukaan Europalia Arts Festival Indonesia di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Selasa 3 Oktober 2017. (Beritasatu Photo/Vividha Jati)

Oleh: Vividha Jati / WBP | Rabu, 4 Oktober 2017 | 08:48 WIB

Jakarta - Perhelatan seni dan budaya, Europalia Arts Festival Indonesia 7 hari lagi akan dibuka secara resmi oleh Raja Belgia Philippe- Philippe Léopold Louis Marie – dan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang dipusatkan di Brussels, Belgia. Adapun Indonesia menjadi Guest Country (negara tamu kehormatan) di festival seni yang ke-26 itu. Indonesia menjadi negara keempat di Asia dan pertama di Asia Tenggara yang menjadi tamu kehormatan.

Festival Seni Europalia Indonesia ini akan berlangsung 104 hari, dimulai 10 Oktober 2017 hingga 21 Januari 2018 dengan melibatkan lebih dari 400 seniman dan budayawan Indonesia pada 262 program acara di beberapa kota di Belgia dan enam negara Eropa lain yakni Inggris, Belanda, Jerman, Austria, Perancis dan Polandia.

Sutradara dan produser film Indonesia, Nan Achnas menuturkan ada 52 karya film, terbagi atas 31 film panjang, 10 film dokumenter, 10 film pendek dan satu film karya Sardono W. Kusumo. Nantinya, akan ditayangkan di Brussels, Belgia pada 8 Desember 2017

Salah satu yang akan hadir ada film Berbagi Suami, kemudian ada Pertarungan, Tana Mama dan satu lagi Perempuan Punya Cerita,” tambah Nan Achnas di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Selasa (3/10).

Karya film yang akan ditampilan di ajang Europalia 2017 ini mengangkat tema soal social, urban youth, children, arthouse, religion, women, sexuality, food, politic, action, dan art cinema.

Nan menjelaskan adapun kriteria pemilihan film, selain sudah pernah ditayangkan di luar negeri, juga ada nilai new Indonesia cinema mengingat film tersebut akan ditonton penikmat seni di Eropa.

Selain film, Indonesia menyajikan kegiatan seperti pameran, musik, seni pertunjukan, dan sastra dengan melibatkan 486 pekerja seni dalam pelaksanaan 228 karya dan program Europalia Arts Festival.

"Melalui Europalia Arts Festival, diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara, selain itu menumbuhkan dan memperkaya pengetahuan soal seni dan budaya bangsa Indonesia," kata dia.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT