Putra sulung Bung Karno, Guntur Soekarnoputra dan Puti Guntur Soekarno saat peluncuran buku di Jakarta, Sabtu (17/11) malam.
Peluncuran buku karya putra sulung Guntur Soekarnoputra berlangsung guyub dan meriah.

Buku bertajuk Bung Karno, Bapakku, Kawanku, Guruku itu merupakan edisi terbaru sejak terakhir diterbitkan tahun 1977.

Perhelatan peluncuran karya Guntur dilakukan di Ballroom Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Sabtu (17/11) malam.

Menurut penerbit buku ini yang juga putri Guntur, Puti Guntur Soekarno, karya tulis ini adalah persembahan bagi generasi muda agar mengenal Bung Karno lebih dekat.

"Buku ini tulisan sederhana dari sosok Guntur Soekarno melihat sosok Bung Karno. Tidak ilmiah tapi mencerminkan sosok humanis, filosofis, ideologis antara Bapak dan Anak," ujar anggota DPR tersebut.

Adapun, Guntur mengaku bahagia malam ini karena bisa mempersembahkan buku agar menginspirasi anak muda mengenali sosok Bung Karno secara humanis.

"Kalau baca buku ini pasti bisa seperti Bung Karno," kata Guntur dengan bersemangat.

Peluncuran buku ini dihadiri keluarga dan kerabat seperti Sukmawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, dan Puan Maharani.

Tampak hadir pula  para tokoh mantan KSAL Chappy Hakim, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Theo L Sambuaga, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman, politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka, mantan Kepala BIN Hendropriyono, putri Bung Hatta Gemala Hatta, Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, Putri Gus Dur Yenny Wahid, Mamiek Soeharto, dan aktor Lukman Sardi.

Dipertunjukkan juga film dokumenter kunjungan Presiden Soekarno ke Amerika Serikat dan Eropa pada tahun 1950-an, saat itu Guntur diajak serta.

Penulis: /WBP