Logo Axiata Cup 2013.

Kuala Lumpur - Ganda putra Tan Boon Heong-Koo Kien Keat membawa Malaysia menjadi juara bulutangkis Axiata Cup 2013.

Bermain pada partai keempat atau partai terakhir di Stadion KLBA Cheras, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (14/4), keduanya mengandaskan perlawanan ganda putra Thailand
Boonsak Ponsana-Songphon Anugritayawon.

Tan-Koo menang dua set langsung 21-10 dan 21-17, sekaligus membuat Malaysia unggul 3-1 atas Thailand.

Sebelumnya, pada partai pertama, tunggal putri Malaysia Sonia Cheah harus mengakui ketangguhan tunggal putri Thailand, Ratchanok Ithanon. Sonia menyerah dua set langsung, 16-21 dan 17-21.

Kemudian, Malaysia menyeimbangkan kedudukan setelah ganda campurannya, Goh Liu Ying-Chan Peng Soon menundukkan pasangan Sudket Prapakamol-Saralee Thungthongkam. Pasangan Malaysia menang straight set, 21-16 dan 21-15.

Tunggal putra terbaik Malaysia, Lee Chong Wei juga unggul dua set langsung atas tunggal putra Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk,

Pada pertandingan tersebut, Chong Wei menunjukkan kematangannya sebagai pemain terbaik dunia. Permainan cantik di depan net membuat Tanongsak sedikit sekali mendapat kesempatan menyerang lewat smash. Apalagi, beberapa kali Tanongsak melakukan kesalahan sendiri dengan memukul kok terlalu keras, sehingga keluar bidang permainan. Chong Wei pun menyudahi set pertama dengan 21-12.

Memasuki set kedua, Tanongsak bermain lebih tenang dan tidak terburu-buru, sehingga mampu memberi perlawanan. Angka yang diraih kedua pemain susul-menyusul dan saat jeda, Chong Wei hanya unggul dua poin atas Tanongsak, 11-9.

Setelah itu, perolehan angka Chong Wei terus melaju karena melakukan smash bertubi-tubi dan permainan cantik di depan net hingga memperoleh angka 19.
Namun, Tanongsak pantang menyerah dan terus mengumpulkan poin hingga kedudukan 18-20 dan akhirnya smash Chong Wei menyudahi perlawanan Tanongsak.

Dengan hasil tersebut, tim Malaysia yang menjadi juara memperoleh hadiah uang US$ 400.000, disusul tim Thailand di tempat kedua dengan hadiah US$ 200.000,

Juara ketiga tim Asia All Star mendapat hadiah US$ 150.000 dan Indonesia yang menempati peringkat keempat menerima US$ 100.000. Dalam ajang yang diikuti delapan tim ini, total hadiah yang disediakan mencapai US$ 1 juta.

Penulis: A-16

Sumber:Axiatacup.com