Pemain ganda campuran Indonesia Tantowi Ahmad (belakang) dan Liliyana Natsir mengembalikan bola ketika menghadapi pasangan India Arun Vishnu - Apama Balan dalam babak penyisishan grup Piala Sudirman di Stadion Putra, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Senin (20/5).

Kuala Lumpur - Indonesia harus kembali menghadapi tim tangguh China dalam perempat-final kejuaraan bulutangkis beregu campuran Piala Sudirman di Stadion Putra Komplek Olahraga Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (23/5).

Berdasarkan aturan, Indonesia yang menempati peringkat keenam dan berada di luar empat besar, harus menerima nasib dan mengandalkan keberuntungan karena lawan yang dihadapi di babak delapan besar tersebut harus ditentukan melalui undian.

China yang merupakan unggulan teratas dan mendominasi kejuaraan tersebut dalam empat event terakhir, adalah tim yang berusaha dihindari lebih awal oleh hampir semua tim.

Tim Indonesia keluar sebagai runner-up Grup A bermodalkan kemenangan 4-1 atas India pada pertandingan sebelumnya, namun menyerah dengan skor telak 0-5 kepada China pada pertandingan terakhir, Selasa (21/5).

Kekhawatiran bahwa Indonesia akan kembali bertemu China di babak perempat-final benar-benar menjadi kenyataan dalam undian yang berlangsung di ruang pers.

Pengundian dilakukan menjelang tengah malam karena harus menunggu hasil pertandingan terakhir yang berlangsung ketat dan menegangkan, yaitu antara Malaysia dan Jerman yang berakhir dengan kekalahan tragis tuan rumah dengan skor 2-3.

Pengambilan undian untuk babak perempat-final berlangsung tidak kalah menegangkan dibandingkan dengan pertandingan di lapangan, terutama bagi tim Indonesia saat memasuki saat-saat terakhir.

Semua perwakilan nampak berharap-harap cemas agar tim mereka tidak mendapat nomor urut dua, yang berarti harus berhadapan dengan China yang di nomor urut pertama.

Manajer Tim Indonesia Rexy Mainaky yang menyaksikan undian mengatakan bahwa hasil undian tersebut memang sangat tidak menguntungkan Indonesia.

"Walau bagaimana pun kita harus terima hasil undian tersebut meski sangat tidak menguntungkan posisi Indonesia. Semua negara dalam kenyataannya pasti berusaha untuk terhindar dari China," kata Rexy, juara ganda putra Olimpiade Atlanta 1996 bersama Ricky Subagjja itu.

Namun Rexy menegaskan bahwa Indonesia tetap akan berusaha mengeluarkan seluruh kemampuan yang mereka miliki menghadapi China yang berambisi untuk meraih gelar juara lima kali secara beruntun, atau sembilan kali secara keseluruhan.

Berikut hasil undian untuk pertandingan perempat-final, Kamis (23/5): - China vs Indonesia - Korea Selatan vs Jerman - Taiwan vs Denmark - Jepang vs Thailand.

Penulis:

Sumber:Antara