Piala Sudirman

Kuala Lumpur - Tim Korea Selatan melaju ke final Sudirman Cup setelah di semifinal mengalahkan Tim Thaiand dengan skor 3-1 dalam laga yang berlangsung di Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (25/5).

Tim Korea akan bertemu pemenang antara Tim China dan Denmark.

Tim Thailand yang untuk pertama kalinya berlaga di turnamen ini telah menelan kekalahan untuk kedua kalinya dari Korea Selatan dalam lima hari terakhir. Sebelumnya di babak penyisihan, Tim Korea melibas Thailand dengan skor 5-0.

Di partai pertama, ganda campuran Tim Korea Ko Sung Hyun/Kim Ha Na berhasil mengalahkan Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam dengan skor 21-18, 21-19.

Boonsak Ponsana peringkat nomor 8 dunia berhasil menambah poin bagi Thailand setelah mengalahkan Lee Dong Keun 21-9, 21-12 peringkat 63 di tunggal putra.

Korea Selatan kembali unggul setelah ganda putranya Ko Sung Hyun/Lee Yong Dae berperingkat dua dunia mengalahkan Maneepong Jongjit/Nipitphon dengan skor 21-12, 21-11 dalam waktu 34 menit.

Di tunggal putri, Sung Ji Hyun memastikan Korea Selatan berlaga di final setelah mengalahkan Ratchanok Inthanon 21-17, 21-14.

Melajunya Korea Selatan ke final Sudriman Cup kali ini merupakan yang keenam kalinya. Dari total laga di final, separuhnya diakhiri dengan juara. Pertama ketika mengalahkan Indonesia tahun 1989 dan dua kali dari China di tahun 1997 and 2009.

Penulis: Whisnu Bagus Prasetyo/WBP

Sumber:Xinhua