Taufik Hidayat.
Panitia pelaksana Indonesia Open GP Gold akhir September depan di Palembang, mengaku sudah mengkonfirmasikan keikutsertaan Taufik Hidayat.

Atlet bulu tangkis Taufik Hidayat, yang kemarin baru saja mengumumkan pensiun, disebutkan masih akan mengikuti ajang "Indonesia Open Grand Prix (GP) Gold Badminton Championship" di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), 25-30 September 2012.

"Panitia telah melakukan konfirmasi kepada Taufik, dan (dia) telah menyatakan akan ambil bagian," kata Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sumsel, Robert Heri, di Palembang, Kamis (16/8).

Menurut Robert, pada ajang itu, panitia pelaksana sendiri berencana membidik peringkat 1 hingga 10 dunia, untuk dapat berlaga di lima nomor yang dipertandingkan. "Target kami, untuk setiap nomor yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran, harus ada peringkat 10 besar dunia," ujarnya.

Robert sendiri mengaku optimis, ajang bintang tiga Badminton World Federation (BWF) itu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pebulu tangkis kelas dunia, setidaknya karena menawarkan hadiah total Rp1,2 miliar. "(Lalu) Khusus untuk 10 besar peringkat dunia, akan diberikan keringanan biaya akomodasi," katanya pula.

Dikatakan Robert lagi, sebanyak 500 hingga 700 pebulu tangkis dari 20 negara diprediksi akan ambil bagian pada kejuaraan yang bakal digelar di Palembang Sport Convention Center (PSCC) itu. Sehubungan dengan itu, panitia pelaksana dikatakan sejauh ini masih merembukkan dengan berbagai pihak soal tarif tiket masuknya.

"Penonton tidak akan kecewa, meski (harus) membayar. Sebab selain menyaksikan atlet kelas dunia (bertanding), juga mendapatkan sajian hiburan dari band asal ibu kota seperti D'Massiv," ujarnya pula, sambil menambahkan bahwa ajang ini juga disiarkan langsung oleh salah satu TV swasta nasional.

"Kejuaraan ini dikemas layaknya event kelas dunia, dengan memakai 16 orang wasit bersertifikat BWF dan hakim garis bersertifikat nasional," tambah Robert.
-

Penulis: /SES