Michael Riady (tengah) ketika sedang meresmikan Lippo Mall di Kemang, Jakarta Selatan Rabu (26/9).
Pembangunan Lippo Plaza Kendari merupakan bagian dari strategi jangka panjang Lippo Group untuk membangun 50 mal baru hingga 2020.

Pengembang properti, Lippo Group, melalui anak usahanya PT Mitra Anda Sukses Bersama, membangun pusat perbelanjaan modern di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Perseroan mengucurkan investasi sebesar Rp150 miliar untuk proyek tersebut.

Direktur PT Mitra Anda Sukses Bersama Deborah Rosanti mengatakan, investasi untuk proyek mal tersebut terwujud atas kerjasama dengan pemerintah daerah Sultra dan pemerintah Kota Kendari. Lippo Plaza Kendari dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektar.

“Berinvestasi pada sektor pusat perbelanjaan membutuhkan waktu sekitar tujuh sampai delapan tahun untuk mengembalikan modal investasi. Setelah kurun waktu tersebut barulah perusahaan meraih keuntungan,” kata Deborah di Kendari, seperti dilansir Antara, Kamis (2/11).

Menurut Deborah, pihaknya berharap Lippo Plaza Kendari dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Mal yang membidik segmen menengah ini memiliki luas bangunan 36.000 meter persegi dengan ketinggian empat lantai.

Di tempat yang sama, Pengelola Lippo Plaza Kendari Roy M Mandey mengatakan pusat perbelanjaan ini menghadirkan mitra skala nasional antara lain, Hypermart, Matahari Depar tement Store, Timezone, dan Body Shop. Kemudian, ada Fried Chicken, Optik Melawai, Yopie Salon, dan XO Suki.

“Lippo Plaza Kendari merekrut tenaga kerja sekitar 700 orang dengan kualifikasi 95% tenaga kerja lokal. Dengan demikian, kehadiran pusat belanja ini diharapkan menjadi sumber potensial pendapatan daerah,” kata Roy didampingi Asisten Manajer Corporate Communication PT Matahari Putra Prima Tbk Fernando Repi.

Direktur Matahari Food Business, Meshvara Kanjaya mengatakan, kehadiran gerai Matahari Departement Store di Kendari merupakan bentuk komitmen untuk terus ekspansi usaha ke berbagai kota, khusus wilayah timur Indonesia.

“Matahari terbit dari timur sehingga investasi saat ini dan masa mendatang harus ke wilayah timur Indonesia. Gerai Matahari di Kendari merupakan yang ke 112 di seluruh Indonesia,” papar Meshavara.

Sunny Setiawan menambahkan, Hypermart membidik wilayah bagian timur Indonesia sebagai pengembangan usaha strategis, termasuk Kendari sebagai kota yang maju pesat.

“Hypermart hadir tidak hanya mngejar keuntungan usaha tetapi peduli terhadap kegiatan sosial, antara lain, pengobatan gratis, bantuan sarana pendidikan bagi anak sekolah kurang mampu,” kata Sunny Setiawan.

Bangun 50 Mal
Pembangunan Lippo Plaza Kendari merupakan bagian dari strategi jangka panjang Lippo Group untuk membangun 50 mal baru hingga 2020.

Chief Executive Of ficer (CEO) Lippo Malls Michael Riady mengungkapkan, pihaknya menargetkan dapat membangun 50 mal hingga 2015. Investasi pengembangan setiap mal ditaksir sekitar Rp500 miliar - Rp 1 triliun.

“Kami harap bisa membangun 5-8 mal setiap tahun di seluruh wilayah Indonesia. Segmen yang dibidik kelas B+ hingga A,” kata Michael.

Saat ini, kontribusi pusat belanja dan rumah sakit mencapai 50% dari pendapatan konsolidasi grup Lippo. Sedangkan 50% sisanya berasal dari proyek lainnya yang sedang berjalan.

Sejumlah wilayah yang diincar untuk pengembangan mal antara lain Surabaya, Solo, Yogya, Bali, dan Palembang.

Chief Operating Officer (COO) Lippo Mall Eddy Mumin mengungkapkan, hingga kini Lippo Group telah memiliki 25 mal eksisting di seluruh wilayah Indonesia.

Pada tahun ini, ada sekitar enam mal baru yang siap dibuka di Kota Batu, Malang, Sidoarjo, Palembang, dan Kemang, Jakarta, serta dua mal di Bali.

“Kami berencana menambah sekitar 28 mal lainnya hingga 2015 mendatang,” tandas Eddy.

Penulis: /WBP