Presiden SBY, Ny Ani Yudhoyono, dan Walikota Berlin TN Klaus Wowereit sedang berjalan di depan Tembok Berlin (Patung Kuda). Belakang patung adalah bekas Jerman Barat dan lokasi Presiden berjalan adalah bekas Jerman Timur. Foto diambil Selasa (5/5).

Ada sejumlah kota di Eropa yang menawarkan nilai luar biasa bagi wisatawan.

Untuk sebagian besar kalangan wisatawan, benua Eropa merupakan destinasi impian. Sayangnya, tidak semua orang memiliki anggaran yang cukup untuk menjelajahi keindahan benua biru.

Namun, baru-baru ini laman situs smartertravel merilis daftar sejumlah destinasi baru di Eropa, yang menawarkan menawarkan pilihan liburan dengan biaya yang cukup murah.

Dalam menemukan destinasi liburan berkategori murah tersebut kota, ada sejumlah indeks yang dijadikan ukuran yaitu, biaya tiket pesawat, biaya kamar hotel, biaya makan dan minuman, serta biaya transportasi.

Seperti dilansir laman smartertravel dan dikutip Huffingtonpost, berikut sejumlah destinasi berbiaya murah yang bisa dikunjungi oleh kalangan wisatawan.

Sofia, Bulgaria
Harga kamar di Ibukota Bulgaria ini rata-rata berada dibawah kisaran US$50. Selain itu, biaya transportasi (kereta dan bus) serta biaya konsumsinya juga relatif terjangkau.

Berlin, Jerman
Harga tiket penerbangan ke Berlin ternyata lebih murah jika dibandingkan dengan Paris atau London. Menurut laman CNN, Berlin merupakan rumah bagi sejumlah hotel bintang lima dengan biaya yang terjangkau. Berdasar Indeks di tahun ini, biaya rata-rata harian yang harus dikeluarkan hanya sebesar US$ 108 per wisatawan.

Riga, Latvia
Kota ini menawarkan banyak pilihan untuk kalangan wisatawan pecinta harga murah. Tarif rata-rata hotel di Riga sekitar US$ 82 per malam. Kota ini tercatat sebagai tempat teratas di Eropa untuk destinasi liburan kalangan Backpacker Wisata untuk tahun 2013.

Lisbon, Portugal
Menurut data yang dirlis oleh Hotels.com, dari tahun ke tahun biaya akomodasi di kota ini mengalami penurunan sebesar tujuh persen pada 2012, yang menjadikan biaya rata-rata sebuah kamar hanya sebesar US$115 per malam.

Kiev, Ukraina
Kota ini merupakan salah satu contoh dari biaya murah yang bisa diberikan oleh sebuah ibukota. Belum lama, kota ini dinobatkan sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

Penulis: Feriawan Hidayat/FER

Sumber:Smartertravel, Huffpost