Erastus Radjimin, CEO Artotel, perusahaan perhotelan yang mengusung seni dan artistik

CEO Talks: Artotel Kelola Hotel dengan Nilai Artistik Tinggi

Erastus Radjimin, CEO Artotel, perusahaan perhotelan yang mengusung seni dan artistik (BeritaSatu TV)

Jakarta - Pria yang satu ini membuat terkesan tim CEO Talks Beritasatu: masih muda, memiliki jaringan bisnis hotel kelas dunia, dan memiliki cita rasa artistik kelas tinggi.

Erastus Radjimin, CEO Artotel Indonesia, tidak menyimpan apresiasi seninya untuk diri sendiri, namun membaginya ke setiap pengunjung hotel dalam bentuk karya lukisan, pahat dan benda seni lainnya yang menghiasi setiap hotel milik dia.

Konsep hotel unik ini merupakan hasil kolaborasi Erastus dengan kakaknya, Christine, yang kebetulan memiliki minat sangat besar terhadap karya seni.

"Dunia perhotelan sangat maju di Indonesia. Saya bilang kenapa nggak buat sebuah brand butik hotel yang benar-benar lifestyle-driven, tapi at the same time bisa membantu mem-promote komunitas kreatif Indonesia," kata Erastus kepada host CEO Talks, Primus Dorimulu.

Istilah butik hotel ini dipakainya untuk membedakan dengan hotel lain yaitu dari segi pelayanan.

"Butik itu sebetulnya istilah dari dunia ritel. Kalau kita shopping di butik, yang membedakan adalah personalized service," ujarnya.

Dengan alasan inilah, para staf Artotel tidak memakai name tag di baju seragam mereka, agar setiap karyawan terdorong untuk memperkenalkan diri secara personal kepada para tamu, ujar lulusan Boston University ini.

Tentang karya seni di hotelnya, seperti yang ada di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Erastus menyebutnya lebih dari sekedar hiasan.

"Hotel lain menggunakan art sebagai dekoratif. Bagi kami, art bukan dekoratif, tapi menggunakannya sebagai centerpiece, sebagai soul-nya hotel itu sendiri," jelasnya.

Diakuinya tidak semua tamu bisa mengapresiasi karya seni.

"Tapi tujuan utama kita bukan supaya orang suka art, tapi untuk mem-promote bahwa contemporary art Indonesia sudah sebagus ini, dan kita harus bangga," kata Erastus, sembari menambahkan 70 persen tamu di hotelnya adalah warga asing.

Simak video berikut untuk mendengar kiat-kiat bisnis lainnya dari CEO muda ini:

Heru Andriyanto/HA

Beritasatu TV