Pengunjung Kebun Raya Naik 100 Persen

Pengunjung di Kebun Raya Bogor (KRB). (Antara)

Oleh: Ignatius Herjanjam / YUD | Minggu, 1 Januari 2017 | 18:41 WIB

Bogor - Memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2017, wisatawan yang mengunjungi objek wisata Kebun Raya Bogor (KRB) naik hingga 100 persen dibanding bulan-bulan sebelumnya.

"Bila pada bulan September, Oktober dan November jumlah pengunjung KRB berkisar 60.000 orang, maka pada libur Natal Desember dan Tahun Baru ini jumlah pengunjung mencapai 118.000 orang," ungkap Koordinator Jasa dan Pengawas KRB, Upun Tunijar kepada SP, Minggu (1/1) sore.

Dia mengatakan, mayoritas pengunjung berasal dari wilayah Jabodetabek. "Ada juga yang datang dari Sukabumi dan Bandung," ujarnya. Sedangkan untuk wisatawan asing bulan ini mencapai 945 orang.

"Kebanyakan berasal dari negara Belanda. Mereka tidak sekadar berkunjung namun ingin tahu banyak tentang edukasi tanaman, konservasi atau sejarah KRB sehingga kami menyediakan pemandu untuk mendampingi mereka. Beda dengan wisatawan lokal yang mayoritas datang hanya untuk rekreasi dan sering tidak menjaga kebersihan, terbukti dengan banyaknya sampah di sekitar areal KRB," paparnya.

Sepanjang tahun ini, lanjut Upun, total jumlah turis asing mencapai 23.042 orang.

"Mereka malah lebih peduli lingkungan ketimbang wisatawan lokal," tambahnya. Untuk total wisatawan sendiri pada Minggu (1/1) ini jumlahnya tercatat sebanyak 23.298 orang. "Jumlah itu naik tajam dibanding hari biasa yang sekitar 2.000 orang, dan minggu biasa antara 4.000 hingga 7.000 pengunjung," pungkas Upun.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT