Lalu lintas di sekitar Taman Mini Indonesia Indah (TMII) padat. Arus lalu lintas dari arah Terminal Kampung Rambutan harus memutar di Keramik, Kampung Dukuh, agar bisa mendekati dan masuk ke TMII, Minggu, 1 Januari 2017.

Pengunjung TMII Lampaui 400.000 Orang

Lalu lintas di sekitar Taman Mini Indonesia Indah (TMII) padat. Arus lalu lintas dari arah Terminal Kampung Rambutan harus memutar di Keramik, Kampung Dukuh, agar bisa mendekati dan masuk ke TMII, Minggu, 1 Januari 2017. (Suara Pembaruan/Mikael Niman)

Jakarta - Selama libur Natal dan Tahun Baru 2017, jumlah pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, telah melampaui target‎. Pada periode 17 Desember-1 Januari 2017 jumlah pengunjung TMII telah melebihi angka 400.000 orang.

"Pekan libur Natal dan Tahun Baru 2017 di TMII dimulai s‎ejak 17 Desember hingga 1 Januari 2017, target jumlah pengunjung TMII sebanyak 400.000 orang. Hingga hari ini, target tersebut sudah dilampaui," ujar Manager Informasi Budaya dan Wisata TMII,
‎Ertis Yulia, Minggu (1/1)‎.

Dia menjelaskan, pada Minggu (1/1) hingga pukul 14.00 WIB, data jumlah pengunjung yang telah memasuki TMII mencapai 88.000 pengunjung. Angka dipastikan akan meningkat terus seiring dengan penghitungan terakhir hingga pukul 16.00 WIB. Berdasarkan data yang dihimpun, libur tahun baru di TMII jumlah pengunjung menembus angka 109.418 orang, pada Minggu (1/1) petang ini.

Bila dibandingkan dengan jumlah pengunjung pada Sabtu (31/12) hingga pukul 16.00 WIB, jumlah kepadatan pengunjung mencapai angka ‎34.910 orang. Lalu, pada pergantian malam tahun baru meningkat hingga mencapai 86.000 orang.

"Kami berupaya untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat yang datang ke TMII ini. Selain berekreasi, mereka mendapat tambahan pengetahuan seperti budaya, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Jadi, di TMII ini kami berupaya melengkapi keinginan masyarakat, tidak hanya semata-mata untuk berekreasi saja," ujarnya.

Rata-rata pengunjung yang datang, tidak hanya berdomisili dari wilayah Jabodetabek saja, namun dari luar Jabodetabek dan bahkan dari luar pulau Jawa.

‎"Ada yang dari Palembang, Lampung, Medan, Surabaya, selain pengunjung dari Jabodetabek‎," ucapnya.

Ertis menambahkan, Wahana unggulan yang masih dibilang baru yakni, Sky World, masih menjadi andalan TMII kali ini. Tentunya, wahana dan anjungan lainnya juga masih menjadi tempat favorit para pengunjung.

"Wahana unggulan Sky World sebagai wahana yang dibilang masih baru. Di wahana ini, pengunjung dapat belajar dan menjelajah ke luar angkasa, terkait dengan grativitasi, benda angkasa luar, dan sebagainya," imbuhnya.

Kepadatan di TMII libur tahun baru ini, benar-benar ramai. Bahkan, kemacetan panjang terjadi di sepanjang jalan menuju‎ pintu masuk TMII sejak siang tadi.



Suara Pembaruan

Mikael Niman/YUD

Suara Pembaruan