Promosi Wisata, Bukittinggi Manfaatkan Medsos i

Ribuan pengunjung menyaksikan kembang api di objek wisata Jam Gadang di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, 1 Januari 2017. Pesta kembang api tersebut untuk meyambut pergantian tahun. Antara/Muhammad Arif Pribadi

Oleh: / FER | Sabtu, 11 Februari 2017 | 15:52 WIB

Bukittinggi - Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) memaksimalkan pemanfaatan media sosial (medsos) untuk mempromosikan pariwisata daerah itu secara lebih luas.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Melfi Abra, mengatakan, pihaknya memaksimalkan peran medsos seperti facebook dan twitter, untuk memperbarui informasi-informasi pariwisata.

"Untuk mempromosikan pariwisata, Bukittinggi harus mengenalkan keunggulan yang berbeda dari daerah lain. Hal ini yang akan disebarluaskan melalui media sosial," katanya, di Bukittinggi, Sabtu (11/2).

Ia menilai selain memiliki nilai jual di bidang kuliner, budaya dan peninggalan sejarah, daerah itu memiliki keunggulan dalam pemandangan alam seperti di objek wisata Ngarai Sianok.

Promosi keunggulan wisata daerah itu akan diikuti dengan pembenahan infrastruktur pendukung seperti parkir serta sumber daya manusia yang terlibat interaksi langsung dengan para wisatawan seperti pengelola atau pegawai objek wisata dan para pedagang.

"Pariwisata itu yang penting bagaimana membuat tamu yang berkunjung betah dan datang berulang kali. Pemerintah berkomitmen pembenahan terus dilakukan untuk pengembangan pariwisata dan kenyamanan pengunjung," ujarnya.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan daerah itu memaksimalkan pengembangan pariwisata pada 2017 melalui promosi untuk menarik minat wisatawan.

"Apalagi tujuan wisata di daerah sangat banyak, jadi butuh sosialisasi maksimal," katanya.

Seiring dengan promosi pariwisata itu, ia menerangkan pemerintah juga akan melakukan pembenahan infrastruktur pendukung seperti jalan, parkir, keamanan dan kenyamanan wisatawan.

"Promosi dan pembenahan dilakukan pemerintah kota dan kabupaten masing-masing. Bila dapat berjalan baik maka kunjungan wisatawan akan lebih meningkat," ujarnya.




Sumber: ANTARA
ARTIKEL TERKAIT