Ilustrasi Bali

Bali, Destinasi Wisata Terbaik Dunia 2017

Ilustrasi Bali (capreform)

Denpasar - Situs wisata dunia TripAdvisor menyerahkan secara simbolis penghargaan Bali sebagai destinasi terbaik dunia tahun 2017. Penghargaan dari TripAdvisor diterima Pemerintah Provinsi Bali, Kamis (20/4). Posisi Bali berada paling pertama pilihan para pelancong dunia sebagai destinasi terbaik dunia disusul London di tempat kedua dan Paris di peringkat ketiga.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Pemasaran Destinasi TripAdvisor, Sarah Mathews kepada Pemerintah Provinsi Bali yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Admistrasi Pembangunan Dewa Putu Sunartha di Seminyak, Kabupaten Badung, Kamis (20/4). Penyerahan penghargaan tersebut disaksikan langsung Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana

I Gde Pitana ditemui dalam kesempatan itu mengungkapkan penghargaan kepada Bali sebagai destinasi terbaik dunia itu diharapkan mendukung target 20 juta wisatawan mancanegara tahun 2019. "Ini kehormatan atas terpilihnya Bali sebagai destinasi wisata terbaik dunia. Saya percaya ini akan memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang mengedepankan pariwisata," katanya.

Menurutnya, Bali merupakan destinasi pertama dari Asia yang bertengger di posisi puncak menyingkirkan 418 destinasi wisata unggulan di seluruh dunia. "Sebuah penghargaan itu paling tidak akan sangat bermanfaat dalam kredibilitas, kepercayaan diri, kalibrasi," ucap Pitana mengutip pernyataan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Sementara itu Kepala Pemasaran Destinasi TripAdvisor Asia Pasifik Sarah Mathews mengungkapkan Bali terpilih sebagai destinasi terbaik dunia tahun 2017 berdasarkan pemilihan para pelancong dari seluruh dunia yang memanfaatkan situs TripAdvisor. Bali sebagai destinasi terbaik dipilih berdasarkan ulasan dan opini yang dibuat wisatawan seluruh dunia dalam kurun waktu 12 bulan.

Ia mengatakan, pemilihan penghargaan ini menggunakan algoritma yang memperhitungkan kualitas dan kuantitas ulasan, peringkat dan penilaian objektif pada setiap kategori penghargaan. "Bali merupakan tujuan wisata dengan pengalaman terbaik bagi berbagai jenis wisatawan baik wisata alam, budaya maupun gastronomi (makanan) sehingga tidak aneh jika mereka ingin berbagi pengalaman kepada dunia," katanya.

Selama tahun 2016, lanjut Sarah, ulasan terkait Bali meningkat dibandingkan tahun sebelumnya pada tiga kategori utama yakni akomodasi melonjak 25 persen, daya tarik (38 persen) dan restoran (38 persen). Data tersebut menunjukkan adaya ketertarikan yang berkelanjutan dari masyarakat global terkait pariwisata Bali secara keseluruhan.

Bali berada diposisi pertama pilihan para pelancong dunia sebagai destinasi terbaik dunia disusul London di posisi kedua dan Paris di posisi ketiga. Di posisi keempat hingga sepuluh ditempati Roma, New York, Crete di Yunani, Barcelona, Siem Reap Kamboja, Praha, dan Phuket di Thailand.





Suara Pembaruan

I Nyoman Mardika/YUD

Suara Pembaruan