Illustrasi Festival Penulis Ubud. Sejumlah seniman membawakan Tari Lambang Sari pada pembukaan Festival "Ubud Writers And Readers" di Ubud, Bali.
Kera di Monkey Forest, Ubud
Wilayah Ubud, Bali, menempati peringkat pertama daftar destinasi terbaik di Indonesia versi TripAdvisor

Situs perjalanan wisata paling populer dan terbesar di dunia, TripAdvisor, baru-baru ini melansir daftar destinasi wisata terbaik untuk tahun 2012.

Dalam daftar tersebut, terdapat pula urutan peringkat destinasi wisata dengan kategori terbaik yang ada di wilayah Indonesia.

Uniknya, dalam daftar teratas tujuan wisata terbaik di Indonesia di dominasi oleh lokasi wisata yang ada di pulau Bali.

Wilayah Ubud, Bali, menempati peringkat pertama dalam daftar Destinasi Wisata Terbaik Indonesia 2012 versi situs perjalanan TripAdvisor.

"Ubud merupakan tempat tinggal keluarga Kerajaan Bali. Walau wilayahnya kecil, tempat ini mempunyai sejumlah museum dan galeri seni yang menawan," papar situs tersebut mengenai kawasan Ubud, Bali.

"Turis yag berkunjung kesini, bisa menikmati sejumlah atraksi yang menarik seperti seni pahatan perak, mengunjungi spa atau melakukan yoga di tengah sawah dan perbukitan serta bercengkrama dengan monyet liar di kawasan Monkey Forest," tambah ulasan situs perjalanan itu.

Selain Ubud yang menduduki posisi pertama, sejumlah lokasi wisata yang ada di Pulau Bali berurutan menduduki posisi kedua (Seminyak), keempat (Nusa Dua), kelima (Kuta), keenam (Sanur) dan kesembilan (Legian).

Jakarta sebagai Ibukota Republik Indonesia, menerobos dominasi lokasi wisata yang ada di Bali dengan menempati urutan ketiga dalam daftar wisata terbaik di Indonesia.

Untuk destinasi wisata terbaik lainnya yang ada di Indonesia ditempati oleh Yogyakarta yang menduduki posisi ketujuh yang diikuti oleh kota Bandung di peringkat delapan dan kota Surabaya berada di posisi sepuluh.

Penulis: /WBP