Salah satu jenis pesawat milik Trans Nusa
Wisatawan yang ingin menuju Manggarai dan melajutkan perjalanan ke Labuanbajo bisa memilih jalur penerbangan Denpasar-Ruteng.

TransNusa Air Service, sebuah maskapai penerbangan swasta yang berbasis di Kupang, Nusa Tenggara Timur berencana membuka rute penerbangan dari Ruteng, ibukota Kabupaten Manggarai ke Denpasar, Bali.

"Rencana pembukaan rute penerbangan baru Ruteng ke Denpasar, Bali pergi pulang itu dijadwalkan mulai efektif berlaku 16 Oktober 2012," kata Manajer Pengembangan Bisnis PT TransNusa Air Service, Budhy Syahroni Karsidin di Kupang, Senin (1/10).

"Kita rencana mulai 16 Oktober ini akan membuka rute penerbangan baru dari Ruteng-Denpasar, tiga kali seminggu yakni Selasa, Kamis dan Minggu. Jadi kalau masyarakat Manggarai yang ingin ke Bali tidak harus melalui Kupang atau sebaliknya tetapi bisa langsung," katanya.

Harga tiket juga jauh lebih murah dibanding harus ke Kupang terlebih dahulu atau bisa menghemat biaya paling kurang Rp1,5 juta sekali terbang.

"Kalau terbang dari Kupang-Ruteng-Kupang, harga tiket sekitar Rp850 ribu dan Kupang-Denpasar sekitar Rp750 ribu. Dengan rute ini bisa lebih murah," katanya.

"Hal ini berarti, jika ada wisatawan yang ingin ke Manggarai dan melajutkan perjalanan ke Labuanbajo bisa memilih jalur penerbangan Denpasar-Ruteng dan menggunakan jalur darat sambil menikmati keindahan alam Flores ke Labuanbajo untuk melihat Komodo," katanya.

Mengenai jadwal penerbangan, dia mengatakan akan ditambah sesuai dengan permintaan para pengguna jasa penerbangan dari dan ke wilayah paling barat Pulau Flores itu.

"Pada penerbangan awal ini, kita jadwal tiga kali dalam sepekan. Kalau permintaan tinggi, kita akan menambah jadwal, tentu sesuai dengan armada pesawat yang dimiliki perusahan itu," katanya.

Sebelumnya, TransNusa Air Service juga sudah membuka rute penerbangan Kupang-Ende-Labuanbajo-Denpasar dan Denpasar-Waingapu-Tambolaka-Ende-Kupang.

Jalur penerbangan yang dirintis ini merupakan bagian dari dukungan perusahan itu untuk pengembangan pariwisata di provinsi kepulauan itu.

Penulis: /WBP