Latihan untuk mengurangi lemak di perut.
Lebih sukses ketimbang menggunakan suplemen, diet cairan, atau menerapkan program diet khusus

Anda ingin ramping dan punya tubuh ideal? Rahasianya cuma dua, konsumsi sedikit lemak dan banyaklah berolahraga. Sesederhana itu.

Industri diet memang sedang booming. Banyak penelitian menunjukan perempuan rata-rata menghabiskan hampir Rp. 7,3 juta setahun hanya untuk membeli makanan yang sehat, peralatan olaharaga, pakaian, atau biaya ke tempat kebugaran agar tubuh mereka tetap ramping.

Padahal sebuah penelitian dari Harvard Medical School di Boston, Amerika Serikat yang meneliti 4000 orang dewasa penderita obesitas menemukan bahwa orang yang menerapkan dua aturan sederhana tadi, lebih sukses dalam diet ketimbang mereka yang mengadopsi berbagai program yang lebih rumit.

Dua pertiga dari responden mengaku bahwa mereka pernah mencoba berbagai program diet di tahun-tahun sebelumnya melalui sejumlah program diet.

Hasil peneltian itu mengungkap bahwa 41 persen dari responden yang mengurangi asupan lemak berhasil mengurangi lima persen berat badan mereka dalam waktu kurang dari setahun ketimbang mereka yang menerapkan program diet cairan, mengkonsumsi suplemen, atau mereka yang mengikuti program diet khusus dengan tingkat konsumsi protein tinggi.

Latihan fisik atau olah raga justru bisa mengurangi berat tubuh hingga 30 persen, demikian hasil penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Preventive Medicine itu.

Penulis: