Antioksidan yang terkandung dalam buah dan sayur berkhasiat sebagai anti stres.

Konsumsi buah-buahan tak hanya memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, tapi juga memberikan Anda kebahagiaan.

Semakin banyak makan buah, maka akan semakin bahagialah Anda.

Itulah temuan yang didapat dari sebuah penelitian terbaru yang dilakukan para peneliti di University of Warwick.

Mereka mengatakan, bahwa konsumsi lima porsi buah per hari akan sangat menyehatkan, tapi mengonsumsi tujuh porsi per hari akan membuat Anda semakin bahagia.

Sementara, mereka yang mengonsumsi hingga delapan porsi per hari, akan semakin ceria dan optimis.

Penelitian ini melibatkan 80.000 warga Inggris yang menyelesaikan data tentang diet dan perasaan mereka. Dalam data tersebut, setiap orang diberi skor dari angka 0 sampai 10,  berdasarkan kepuasan yang dirasakan masing-masing peserta.

Penelitian menunjukkan, mereka yang mengonsumsi delapan porsi buah atau lebih per hari, memiliki skor rata-rata lebih tinggi daripada mereka yang makan buah sedikit atau bahkan tidak pernah sama sekali.

"Hasil  penelitian ini sangat mengejutkan. Ternyata buah dan sayur membuat setiap individu menjadi lebih ceria. Rasanya sangat bijaksana jika mereka memiliki buah sebagai camilan sehat," kata Andrew Oswald, profesor dari University of Warwick.

Hingga kini, penelitian masih dilakukan pada mekanisme buah dan sayuran yang dapat memengaruhi kebahagiaan.  Penelitian lebih lanjut, kata para peneliti, akan dilakukan dengan melibatkan lebih banyak peserta.

Para peneliti kemudian mengaitkan antioksidan dalam buah sebagai anti stres. Studi lain juga menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi banyak buah dan sayur memiliki risiko yang lebih kecil dari depresi di kemudian hari.

Penulis: