5 Khasiat Menakjubkan Jus Lemon Madu

Membuat minuman segar berbahan lemon dan madu sangat baik bagi kesehatan. (Wisegeek.)

Oleh: | Selasa, 4 Desember 2012 | 19:36 WIB
Bila diminum teratur, jus lemon madu dapat mencegah sekaligus mengatasi flu, obesitas, gangguan pencernaan, bahkan kanker usus besar.

Kombinasi jus lemon dan madu tak hanya menyegarkan dan bisa melepaskan dahaga, tapi juga  baik bagi kesehatan asalkan diminum secara teratur. 

Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya.

1. Menurunkan Berat Badan
Anda dapat menambahkan beberapa tetes madu dalam segelas minuman lemon hangat. Selain membakar kalori, minuman ini juga mengandung banyak asam sitrat dan antioksidan. Anda bisa meminumnya sebelum atau setelah makan.

2. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan
Kombinasi air hangat, jus lemon, dan madu, dapat membantu membersihkan racun (detoksifikasi) dan membuat kulit bersinar.

3. Mengobati Sakit Tenggorokan
Tenggorokan Anda terasa gatal saat batuk? Atasi keluhan tersebut dengan minuman ini. Madu memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan masalah tenggorokan. Sedangkan air hangat juga dapat membantu membersihkan tenggorokan dan mengencerkan dahak.

4. Mencegah Batu Ginjal
Sering menahan kencing, minum sedikit air, dan asupan kalsium yang berlebihan dapat menyebabkan batu ginjal. Untuk mencegah keluhan itu, Anda dapat menyeruput jus lemon madu secara teratur, karena minuman ini dapat menghilangkan kelebihan kalsium dari darah dan tubuh.

5. Mencegah Kanker Usus Besar
Madu memiliki banyak antioksidan yang dapat melawan pembentukan tumor. begitu pula dengan lemon yang juga kaya antioksidan. Tak heran bila jus lemon madu dapat membantu melawan risiko kanker usus besar, bila dikonsumsi secara teratur.




Sumber:
ARTIKEL TERKAIT