Duke dan Duchess of Cambridge, William dan Kate saat mengumumkan pertunangan mereka.
Peta ''global mention'' di Facebook yang menyambut kedatangan bayi pasangan Duke of Cambridge William dan Duchess of Cambridge Catherine, Selasa (23/7).

Inggris - Peristiwa kelahiran putra dari Duke dan Duchess of Cambridge atau lebih dikenal dengan Pangeran William dan Kate Middleton menjadi topik pembicaraan yang paling banyak di-mention di Facebook di hari Senin (22/7).

Satu jam setelah pengumuman resmi dari Istana Kensington pada pukul 20.31, Senin (22/7) waktu setempat, ada sekitar satu juta "global mention" berkaitan dengan kelahiran putra mahkota Kerajaan Inggris itu.

Pengumuman resmi tentang kelahiran pewaris takhta ketiga dari kerajaan Inggris itu juga diumumkan melalui "fan page" Facebook, British Monarchy. Dalam waktu satu jam setelah di-posting, pemberitahuan resmi itu telah menerima 192,701 likes. Pada hari Selasa (23/7), pukul 08.31 WIB, telah menjadi 292,592 likes.

Terlihat dalam peta ilustrasi intensitas "mention" (lihat foto) mengenai topik kelahiran putra mahkota Kerajaan Inggris, dengan warna biru tua mewakili intensitas tertinggi dan biru muda mewakili intensitas terendah.

Berikut adalah sejumlah statistik terkait topik ini dari Facebook melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (23/7):
- Sejak kedatangan Kate Middleton di rumah sakit hingga hari Senin (22/7), ada sekitar 3,5 juta "mention" terkait kelahiran putra mahkota.
- Puncak intensitas "mention" di Facebook terjadi pada hari Senin (22/7) pukul 20.37 waktu Inggris, dengan "mention" lebih dari 31.000 kali.

Daftar negara sesuai intensitas perbincangan mengenai kelahiran putra mahkota tersebut adalah sebagai berikut:

1. Inggris Raya
2. Amerika Serikat
3. Kanada
4. Italia
5. Australia
6. Nigeria
7. Prancis
8. Afrika Selatan
9. Irlandia
10. Selandia Baru

Demografi orang yang membicarakan mengenai topik ini dalam satu jam setelah pengumuman resmi kelahiran putra mahkota Kerajaan Inggris, dengan jumlah terbesar pada posisi teratas, adalah sebagai berikut:

1. Wanita usia 25-34
2. Wanita usia 18-24
3. Wanita usia 35-44
4. Pria usia 18-24
5. Wanita usia 45-54

Penulis: PR/Nadia Felicia/NAD