Ilustrasi Baidu Antivirus

Jakarta - Baidu, layanan mesin pencari terkemuka asal negeri Tiongkok, secara resmi melanisr pengumujan tentang perilisan produk antivirus, Baidu Antivirus, yang diberikan secara gratis untuk kalangan penggunanya.

Produk Baidu Antivirus sendiri dinyatakan oleh produsennya telah meraih sertifikasi VB100 dari Virus Bulletin hanya 7 bulan setelah peluncurannya pada Maret 2013.

Untuk mendapatkan penghargaan VB100 bergengsi tersebut, sebuah produk antivirus harus mampu mendeteksi semua sampel malware terbaru dalam kategori "ganas" oleh organisasi WildList.

Selain itu, tidak boleh ada kesalahan deteksi terhadap sejumlah sampel yang memang bersih dari malware. Semua pengujian dilakukan dengan pengaturan bawaan dari produk dan pengujian ulang tidak diperkenankan.

"Penghargaan VB100 merupakan pencapaian yang luar biasa dari kerja keras tim kami di unit bisnis Baidu International," jelas Johnson Hu, General Manager Unit Bisnis Baidu International dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com di Jakarta, Kamis (10/10).

"Kami terus mengembangkan diri kami sebagai sebuah merk kelas dunia dengan memberikan teknologi yang ramah, produk yang gampang digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia," tambahnya.

Menurut Hu, Baidu Antivirus telah memperoleh lonjakan yang signifikan sejak peluncuran, dengan teknologi komputasi awannya yang telah mencapai 20 juta pengguna di seluruh dunia.

"Aplikasi gratis ini, menggabungkan teknologi "cross-scan engine" yang handal dan teknologi proteksi "Cloud Defense Technology" serta update secara otomatis untuk memberikan enam tingkat perlindungan," tambah Hu.

Baidu Antivirus dapat berjalan di PC, Laptop dan tablet yang menjalankan Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8. Tersedia dalam bahasa Inggris, Thai dan Portugis dan dapat didownload gratis di http://antivirus.baidu.com/.

 

Penulis: Feriawan Hidayat/FER

Sumber: PR