Sribulancer, Tempat Bertemunya Penyedia Kerja dengan Freelancer

Sribulancer (Istimewa)

Oleh: Shesar Andriawan | Selasa, 18 November 2014 | 16:30 WIB

Jakarta - Kian hari kian bertambah ragam perusahaan rintisan (startup) yang muncul di Indonesia. Kali ini Sribulancer yang ikut meramaikan.

Sribulancer.com adalah situs yang dibuat untuk mempertemukan pekerja lepas (freelancer) dengan klien. Dalam bahasa lain, mempertemukan dua pihak yang saling membutuhkan. Klien butuh satu atau dua lebih orang untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak bisa atau tidak sempat mereka tangani. Sebaliknya, freelancer membutuhkan pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan.

"Banyak pekerjaan digital dan non-digital yang harus dilakukan di sebuah perusahaan. Misalnya butuh penerjemah dokumen bahasa Inggris atau membuat press release, namun perusahaan tidak memiliki keahlian atau budget untuk merekrut karyawan in-house," jelas CEO Sribulancer Ryan Gondokusumo dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Selasa (18/11).

Ryan menceritakan awal mula startup ini berasal dari Sribu.com, yang mempertemukan klien dengan desainer grafis. Sribulancer adalah perluasan Sribu yang tak cuma berkutat di bidang desain grafis. Sribu sudah berusia tiga tahun dan selama itu mencatat pemasukan sekitar Rp 5 miliar.

Pencari kerja memasang info lowongan dengan beberapa detil seperti deskripsi tugas, harga yang ditawarkan, dan lama proyek. Freelancer kemudian melamar lowongan tersebut, bersaingan dengan yang lain. Bagaimana cara pencari kerja memilih?

Ada sistem reputasi. Pengguna freelancer bisa memberikan testimoni, baik positif maupun negatif. Dari sanalah bisa ketahuan siapa yang sebaiknya direkrut.

Tak sekedar itu, freelancer bisa juga menjual dirinya. Ia bisa menawarkan pekerjaan yang bisa ia lakukan dengan harga yang dipatok sendiri.

Yang seperti ini sebetulnya bukan barang baru. Freeelancer.co sudah lebih dulu mengaplikasikannya.

"Tapi Freelancer.co itu dari Australia, bukan lokal. Jadi behavior mereka ya Australia, bukan Indonesia. Itu bedanya," ucap Ryan.

Ada empat jenis pekerjaan utama di Sribulancer: website dan pengembangan, penulisan dan penerjemahan, desain dan multimedia, serta bisnis dan pemasaran online. Sampai saat ini sudah ada 212 lowongan terpasang dari 500 lebih klien terdaftar. Nilai pesanan pekerjaan mencapai Rp 321.675.000 dan sudah ada 6.570 freelancer terdaftar.


Sumber:
ARTIKEL TERKAIT