Google
Menjaga dominasi di bisnis mesin pencari

Google sedang mempersiapkan pembaruan besar pada mesin pencarinya, salah satunya adalah dengan memberikan "jawaban" untuk setiap pertanyaan tidak hanya sekedar memberikan hasil pencarian yang diarahkan pada tautan (link) tertentu.

Menurut laporan Wall Street Journal, pembaruan itu dirancang untuk mempertahankan dominasi Google di bisnis mesin pencari. Sistem yang baru itu rencananya akan membantu Google mengatasi tantangan Apple, terutama dari fitur Siri-nya, yang bisa memberikan jawaban atas pertanyaan dari para pengguna iPhone.

Arsitektur baru itu akan dibangun di atas database yang telah dikumpulkan Google selama beberapa tahun dan kini telah terdiri dari ratusan juta entry, demikian tulis laporan itu.

Penyediaan jawaban langsung untuk pertanyaan dalam lingkungan yang disebut "pencarian semantik" itu akan membuat para pengguna Google menahan para penggunanya lebih lama di situsnya dan demikian bisa lebih lama menjual lebih banyak iklan kepada penggunanya.

Selama ini Google masih berkonsentrasi pada link dan situs-situs eksternal.

Pembaruan itu rencananya akan mulai diperkenalkan beberapa bulan ke depan tetapi transisi ke pencarian generasi berikutnya adalah proses yang memakan waktu bertahun-tahun, demikian terang Amit Singhal, salah seorang pimpinan Google kepada WSJ.

Penulis: