Peluncuran "We-Media Reward Plan 2.0" oleh UC Web, bagian dari Alibaba Group di Jakarta, 20 Maret 2017.

UC News Tembus 20 Juta Pengguna Bulanan

Peluncuran "We-Media Reward Plan 2.0" oleh UC Web, bagian dari Alibaba Group di Jakarta, 20 Maret 2017. (BeritaSatu Photo/Agnes Stevani)

Jakarta - UC News, platform distribusi konten milik UC Web, telah menjadi salah satu aplikasi dengan pertumbuhan pengguna tertinggi di Indonesia dengan pengguna aktif bulanan diatas 20 juta sejak diluncurkan pada Agustus 2016.

"UC News ingin berkontribusi lebih terhadap industri konten di Indonesia selagi konsumsi digital di Indonesia meningkat. Untuk mewujudkannya, UC News telah menjajaki kerjasama dengan pencipta konten dan distributor nasional untuk mengoperasikan program UC We-Media untuk membantu meningkatkan konten yang lebih relevan dan unik oleh para kontributor konten independen, blogger dan individu lainnya, yang dikenal dengan sebutan We-Media, dimana kami mendukung dalam distribusi konten dan pemasaran digital berbasis big-data," ujar Donald Ru, General Manager UC Web Indonesia, dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (20/3).

"Investasi Rp 400 miliar yang diumumkan bulan Januari lalu juga untuk menunjukkan komitmen kami untuk mengembangkan industri konten We-Media, melihat ada peluang yang cukup untuk lonjakan konten yang sangat ditentukan dan dibedakan oleh gaya penulisan tiap kontributor. We-Media Reward Plan versi 2.0 menghadirkan ‘Super 1000’, ditujukan untuk membuka peluang bagi penulis-penulis bertalenta di Indonesia."

Program We-Media Reward Plan 2.0 memiliki fokus untuk memilih 1.000 penulis dari Indonesia dan India, dengan menjamin pendapatan minimum sebesar Rp 10 juta setiap bulan untuk artikel-artikel yang ditulis di platform UC News.

UC Web telah menghadirkan tren baru dengan hadirnya program UC We-Media di mana tiap orang mendapatkan kesempatan untuk menciptakan, menulis dan berbagi pemikiran mereka serta berinteraksi dengan pembaca melalui UC News. Program ini juga telah menambah kontributor We-Media sebesar 270% dan peningkatan konten We-Media sebanyak 130% pada kuartal terakhir, ujarnya.

UC News merupakan distributor konten dengan berbagai kategori termasuk berita, olahraga, teknologi, hiburan, gaya hidup, kesehatan, humor, dan lainnya. Kekuatan UCWeb pada big data dan teknologi AI membantu UC News untuk memproses jutaan data yang diminta dan konten dari ribuan sumber setiap harinya.

"Saat ini pengguna internet seluler di Indonesia ada sekitar 7.000 reporter, jurnalis dan editor bekerja pada bidang media di Indonesia, dan ada sekitar 3 juta blogger. Namun, hanya bagian sangat kecil dari dua kategori di atas yang telah berkontribusi pada pertumbuhan konsumsi konten online," kata Donald.

"Untuk itu, UC Web akan lebih fokus terhadap distribusi konten di Indonesia, dengan UC News pada teknologi seperti Big Data AI dan pengalaman yang luas di berbagai pasar seperti China di mana We- Media telah menemukan model bisnis yang terintegrasi. Kami berkeinginan untuk membuat UC News menjadi platform distribusi dan layanan konten nomor 1 di Indonesia," jelas Bruce Zou, Kepala UC News We-Media.



Agnes Stevani/HA

BeritaSatu.com