Playkey Tantang Eksistensi Playstation dan Xbox

Playkey mengumumkan peluncuran platform cloud beroperasikan blockchain. (Istimewa)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Rabu, 18 Oktober 2017 | 15:59 WIB

London - Playkey mengumumkan peluncuran platform komputasi awan (cloud) beroperasikan blockchain yang membuat siapa saja bisa bermain gim papan atas secara tidak terbatas dari seluruh dunia tanpa pengunduhan atau instalasi. Penyedia hardware (miner) akan dapat berkontribusi dalam daya komputernya (computing power) dengan berperan sebagai penyedia jasa cloud, dan akan dibayar dalam kurs kriptik (crypto currency) melalui playkey token (PKT) yang akan tersedia secara umum melalui pemberian diskon token pada 1 November 2017.

"Pada saat ini, 70 persen dari pemain gim streaming tidak dapat bermain gim AAA seperti Grand Theft Auto V dengan resolusi tinggi, sedangkan 30 persen sisanya bahkan tidak dapat membuka gim seperti ini pada personal computer lama miliknya," ujar CEO Playkey, Egor Gurjev, dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Rabu (18/10).

CEO Playkey, Egor Gurjev.

Menurut Gurjev, pihaknya memiliki misi untuk menuntaskan masalah yang sering dihadapi oleh kalangan penggemar gim streaming. "Kami memiliki misi untuk mengatasi masalah ini dengan menggabungkan secara halus teknologi pengembangan cloud dengan blockchain," jelasnya.

Seiring dengan tren gaming yang beranjak pindah ke cloud, kata Gurjev, hal ini mengikuti tren yang sebelumnya pernah terjadi pada industri video, musik, dan industri lainnya. "Dengan tidak memerlukan pembelian serta perawatan hardware dan server, bermain gim melalui cloud bisa 10 kali lebih murah dibanding melalui hardware personal. Dengan cara ini, sistem ini menaikkan derajat prinsip ekonomi berbagi," tambah Gurjev.

Playkey, lanjut dia, datang ke Indonesia dengan populasi nomor 4 terbesar di dunia, dengan harapan bisa mengajak para peminat gim dan penyedia hardware untuk bergabung dan membantu mengembangkan teknologi blockchain yang pada akhirnya dapat memudahkan kedua belah pihak untuk mencapai tujuannya.

"Untuk para pemain, mereka bisa bermain gim dengan lancar dan lebih murah, dan untuk penyedia hardware adalah pendapatan initial coin offering yang berguna untuk usaha yang mereka jalankan," kata Gurjev.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT