Google Telah Melatih 43.000 Developer di Indonesia

Head of Policy Google Indonesia, Shinto Nugroho, dalam acara Google Developers Launchpad, di Jakarta, 29 Oktober 2017. (Beritasatu Photo/Herman)

Oleh: Herman / FER | Minggu, 29 Oktober 2017 | 16:09 WIB

Jakarta - Saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke markas Google di Silicon Valley bulan Februari 2016 lalu, Google telah menyampaikan komitmennya untuk melatih 100.000 developer di Indonesia sebelum tahun 2020.

Sebagai realisasi dari komitmen tersebut, Head of Policy Google Indonesia, Shinto Nugroho menyampaikan, hingga saat ini Google telah berhasil melatih lebih dari 43.000 developer Indonesia melalui berbagai program.

"Belum sampai dua tahun, telah lebih dari 43.000 developer Indonesia yang mengikut pelatihan dari Google. Jumlah ini akan terus bertambah karena Google juga telah berkolaborasi dengan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital," ujar Shinto Nugroho, di acara Google Developers Launchpad, di Jakarta, Minggu (29/10).

Untuk mendukung perkembangan startup di Indonesia, Shinto mengatakan, lebih dari 20 startup lokal telah diikutsertakan dalam Launchpad Accelerator, yaitu program akselerasi selama 6 bulan di Silicon Valley bagi para startup dari pasar-pasar negara berkembang dengan pertumbuhan paling pesat, salah satunya Indonesia.

Tahun ini, kata Shinto, akan ada tiga startup lagi dari Indonesia yang akan ikut serta. Selain itu, lebih dari US$ 1 juta pendanaan bebas saham juga telah diberikan kepada 23 startup Indonesia sejak 2016.

"Pemerintah memiliki ide besar untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energi of Asia. Kami yakin hal tersebut bisa diwujudkan. Dengan sumber daya dan keahlian yang dimiliki Google, kami juga ingin membantu mewujudkan hal tersebut," ujar Shinto.

 




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT