Saran Kaspersky Lab untuk Mencegah Serangan Spyware

Ilustrasi Malware (Istimewa)

Oleh: Herman / FER | Sabtu, 2 Desember 2017 | 16:22 WIB

Jakarta - Perusahaan keamanan siber Kaspersky Lab menemukan lebih dari 120.000 penggunanya berhadapan dengan spyware komersial di sembilan bulan pertama tahun 2017, hampir dua kali lipat pada periode yang sama jika dibandingkan tahun 2016 (lebih dari 70.000).

Dari hasil pemeriksaan para ahli Kaspersky Lab terhadap aplikasi spyware yang paling populer, ditemukan sejumlah masalah keamanan yang dapat membahayakan tidak hanya perangkat itu sendiri, namun juga bagi data pribadi penggunanya.

Pakar keamanan di Kaspersky Lab, Alexey Firsh menyampaikan, spyware komersial adalah sebuah contoh perangkat lunak yang dianggap sah dan bahkan membantu, namun sebenarnya menimbulkan sejumlah besar ancaman bagi penggunanya. Pemasangan aplikasi semacam itu merupakan langkah yang berpotensi memberikan risiko, yang bahkan dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut dari malware yang menyebabkan konsekuensi lebih parah.

"Itulah sebabnya kami menciptakan teknologi khusus untuk sistem operasi (OS) Android, yang membantu menemukan dan mendeteksi aplikasi berbahaya yang dapat menyebabkan pelanggaran privasi data-data milik pengguna," ungkap Alexey Firsh.

Para ahli Kaspersky Lab juga menyarankan pengguna untuk melakukan tindakan berikut ini, untuk melindungi perangkat dan data pribadi mereka dari serangan siber yang mungkin terjadi.

1. Jangan root perangkat Android Anda, karena ini akan membuka kemampuan yang hampir tak terbatas ke aplikasi berbahaya.

2. Nonaktifkan kemampuan untuk menginstal aplikasi dari sumber selain dari toko aplikasi resmi.

3. Selalu perbaharui versi OS dari perangkat Anda, hal ini berguna untuk mengurangi kerentanan pada perangkat lunak dan mengurangi risiko serangan.

4. Instal solusi keamanan yang telah terbukti untuk melindungi perangkat Anda dari serangan siber.

5. Selalu lindungi perangkat Anda dengan kata kunci, PIN atau sidik jari, sehingga penyerang tidak dapat mengakses perangkat Anda secara manual.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT