Pengguna Layanan Ruangguru Melonjak Lima Kali Lipat

Pengguna Layanan Ruangguru Melonjak Lima Kali Lipat
Tenaga pengajar sedang memberikan bimbingan kepada muridnya. ( Foto: istimewa / istimewa )
Herman / YUD Kamis, 4 Januari 2018 | 20:04 WIB

Jakarta - Startup lokal yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan, Ruangguru, mengumumkan pencapaian positifnya sepanjang tahun 2017 lalu. Di antaranya jumlah pengguna yang meningkat lima kali lipat dari 1 juta pengguna hingga 6 juta pengguna, dengan mayoritas pengguna adalah siswa SMP dan SMA.

Ruangguru yang didirikan sejak tahun 2014 juga telah membangun kemitraan dengan 32 pemerintah provinsi dan 326 pemerintah kabupaten/kota untuk mendorong penetrasi layanannya di daerah. Kemudian Ruangguru juga berhasil menggelar tryout Ujian Nasional yang diikuti oleh lebih dari 700.000 orang hanya dalam waktu 10 hari, yang merupakan salah satu ujian online terbesar di Indonesia.

"Kami sangat bersyukur dengan pencapaian di tahun 2017. Kami juga bangga dapat mempertahankan posisi Ruangguru sebagai platform pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia," kata Co-Founder & CEO Ruangguru, Belva Devara, di acara public gathering Ruangguru, di Jakarta, Kamis (4/1).

Pada 2017, Ruangguru meluncurkan beberapa produk baru, di antaranya pada Q1-2017 meluncurkan Ruangguru digitalboothcamp, platform belajar berbasis group chat dengan guru standby. Pada Q3-2017, Ruangguru juga meluncurkan ruangbelajar, yaitu bimbel online berbasis aplikasi dengan video belajar, latihan soal dan pembahasan, serta rangkuman modul. Kemudian pada Q4-2017, diluncurkan pula ruangkelas, yaitu platform classroom management yang dapat digunakan oleh guru untuk memberi tugas dan memonitor perkembangan belajar siswa.

Selain produk-produk tersebut, Ruangguru sebelumnya sudah memiliki ruangles atau marketplace guru private terbesar di Indonesia dengan 150.000 guru private, ruanglesonline atau layanan bimbingan belajar on-demand, dan ruanguji sebagai platform ujian dan trayout online.

"Pada 2018 ini, kami berencana untuk mengembangkan platform pelatihan bagi guru, serta turut terlibat dalam mendorong pendidikan vokasi. Penggunaan platform Ruangguru untuk keperluan bisnis dan institusi juga akan diujicobakan. Segala langkah ini sejalan dengan visi Ruangguru untuk terus mencerdaskan kehidupan bangsa, termasuk dengan mendorong pendidikan di luar kelas. Inilah cara kami merevolusi pendidikan lewat teknologi," tambah Co-Founder & Chief of Product and Partnership Ruangguru, Iman Usman.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE