Ilustrasi helikopter.

Kandahar - Sebuah helikopter terjatuh di wilayah selatan Afghanistan dan menewaskan lima tentara Amerika Serikat, demikian menurut para pejabat militer, Selasa (12/3).

Kecelakaan yang terjadi pada Senin malam waktu setempat itu menambah jumlah korban jiwa di pihak Amerika menjadi tujuh orang hari itu saja, setelah dua anggota pasukan khusus ditembak oleh seorang polisi lokal dalam insiden yang acap disebut sebagai “insider attack”.

Pihak koalisi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang melakukan operasi di Afghanistan mengatakan tidak ditemukan serangan musuh dalam kecelakaan helikopter ini, namun penyelidikan lanjutan masih berlangsung.

Heli naas ini terjatuh di wilayah dekat Kandahar City, ibukota provinsi Kandahar. Heli yang terjatuh adalah jenis UH-60 Black Hawk, kata Mayor Adam Wojack, jurubicara koalisi militer internasional di Afghanistan.

Sejauh ini, sebanyak 12 tentara Amerika tewas di Afghanistan pada 2013. Tahun lalu terdapat 297 korban jiwa di pihak Amerika, menurut data The Associated Press.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:The Associated Press