Asap hitam mengepul dari Gereja Sistine, Vatikan, Selasa  (12/3) malam, sebagai tanda pemilihan Paus belum mencapai hasil di hari pertama pemungutan suara.

Vatikan – Asap hitam mengepul dari cerobong di atap Gereja Sistine, Vatikan, Selasa malam waktu setempat (Rabu dini hari WIB), sebagai tanda bahwa para kardinal yang bertemu di konklaf tertutup gagal memilih Paus baru di pemungutan suara yang pertama.

Ketika asap mulai mengepul, puluhan ribu penonton di Alun-Alun St Peter bersorak penuh semangat, atau berteriak mencela karena kecewa, demikian dilaporkan AFP.

Pemilihan pengganti Paus Benediktus XVI ini diikuti 115 kardinal dari berbagai negara, dengan Italia memiliki wakil terbanyak.

Namun dalam era pemilihan modern, belum pernah terjadi Paus terpilih di hari pertama. Untuk periode ini, Paus yang ke-266 kemungkinan baru terpilih setelah tiga atau empat hari.

Ketika Paus baru terpilih, kertas suara yang dibakar diberi ramuan khusus sehingga mengeluarkan asap putih yang ditunggu-tunngu umat Katolik sedunia.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:AFP