Celia Renteria (kiri) dan mobil SUV yang sudah rusak berat setelah terjun ke jurang di Sierra Highway, Los Angeles County.

California - Seorang gadis 9 tahun yang selamat dari kecelakaan mobil yang terperosok ke jurang di Acton, California, memanjat medan terjal, tanggul yang curam serta suhu dingin untuk mencari bantuan.

Adalah Celia Renteria yang mempertaruhkan nyawanya menembus medan yang dihuni kawanan coyote untuk mencari bantuan bagi ayahnya.

Renteria pergi mencari bantuan setelah Sport Utility Vehicle (SUV) yang dikendarai ayahnya, Alejandro Renteria (35), dari Hollywood Utara, itu jatuh ke jurang sedalam sekitar 70 meter di Sierra Highway, Los Angeles County Selatan sekitar pukul 1 dini hari Minggu (24/3).

Mobil tersebut sempat terbalik beberapa kali sebelum akhirnya berhenti di dasar jurang.

Celia yakin ayahnya masih hidup ketika dia memanjat tanggul berbatu dan menempuh jarak 2 mil (3,2 km) untuk mencari bantuan di Minggu dinihari pagi itu. Suhu di daerah itu berkisar 4 derajat Celcius, kata Petugas Patroli California Highway Gil Hernandez.

Petugas yang mendapat laporan dari Renteria akhirnya memberikan pertolongan, sekitar satu setengah jam kemudian. Sayangnya saat mereka menemukan Alejandro, ayah Celia tersebut sudah tidak bernyawa.

"Dia sangat berani. Ia mampu berjalan dikegelapan, melewati semak-semak dan medan yang sangat berat mencari bantuan untuk ayahnya," kata Hernandez. "Kalau ia hanya menunggu di sana, kita mungkin tidak akan menemukan mereka sampai hari berikutnya."

Celia berhasil melepaskan diri dan berjalan melewati medan berat ke rumah di dekatnya, tapi tidak ada yang menjawab ketukan bocah kecil tersebut, kata petugas. Lalu ia mendaki tanggul dan sepanjang jalan ke stasiun kereta api komuter di Acton di mana ia memberhentikan pengendara motor yang lewat di sekitar pukul 2.30.

"Dia berjalan cukup jauh di lingkungan yang sangat berbahaya dan mengancam. Sangat sangat gelap di sini. Sangat curam, penuh dengan semak-semak dan ada juga coyote di belakang," kata petugas Tom Lackey kepada KABC. "Jadi, untuk seseorang yang dibesarkan di lingkungan perkotaan dibandingkan dengan pedesaan, hal ini dapat menjadi cukup menakutkan."

Gadis itu, kata Lackey, dibawa ke Children's Hospital di Los Angeles dengan helikopter. Ia berada dalam kondisi baik dengan memar kecil dan sobekan di pipinya.

Dia mengatakan kepada petugas bahwa dia dan ayahnya sedang menuju pulang dari pesta ketika Alejandro mulai mengalami kesulitan mengendarai di jalan yang berkelok-kelok.

Tayangan televisi menunjukkan mobil SUV hitam yang digunakan rusak parah. Polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki apakah alkohol memainkan peranan dalam kecelakaan itu.

 

Penulis: Olivia Gaol/YUD

Sumber:USA Today