Lamborghini Aventador milik Kepolisian Dubai.

Dubai - Kepolisian kota Dubai di Uni Emirat Arab tekah mengumumkan mobil patroli terbaru dalam armada mereka: Lamborghini Aventador yang dimodifikasi seharga Rp 3,8 miliar yang mampu berakselerasi 0-100 km per jam dalam 3 detik saja.

Hari Rabu (10/4) kemarin, laman resmi Twitter kepolisian DubaiPoliceHQ mem-posting sebuah foto mobil tersebut di depan Dubai Mall, yang dianggap sebagai pusta perbelanjaan terbesar di dunia, dan mengatakan: "Patroli Polisi Dubai, sekarang siap melayani anda."

Lamborghini Aventador bisa mencapai kecepatan maksimum 349 km per jam. Mobil patroli super mahal ini akan banyak dikirim berpatroli ke daerah wisata untuk menunjukkan “betapa berkelasnya Dubai”, kata wakil direktur kepolisian Khamis Matter al-Muzaina.

Para pelanggar hukum yang ingin lolos dari kejaran polisi kiranya perlu memiliki Bugatti Veyron, salah satu dari sedikit sekali mobil yang memiliki kecepatan maksimal melebihi Aventador.

Di samping mobil Lambo, kepolisian Dubai juga membeli beberapa mobil sport buatan Amerika, Chevrolet Camaro.

Namun Dubai bukan yang pertama mengerahkan mobil sport mahal untuk tugas patroli. Pada 2009, departemen lalu lintas Qatar memperkenalkan Lamborghini Gallardo ke warganya, dan dua tahun kemudian memamerkan sejumlah mobil Porsche pada hari kemerdekaan.

Lamborghini juga dipakai patroli oleh polisi di Italia, Panama dan Inggris.

 

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:Al Jazeera/ The Independent