Ilustrasi bangunan runtuh akibat gempa.
Gempa tersebut terjadi tadi malam merobohkan satu cerobong asap, merusak bangunan dan mengirim batu sebesar mobil SUV ke jalan.

Gempa tersebut adalah gempa yang paling kuat dalam sejarah Oklahoma. Gempa tersebut mengalahkan gempa dengan kekuatan 5,5 skala Richter tahun 1952, demikian keterangan US Geological Survey (USGS).

Itu adalah gempa Bumi kedua yang tercatat di negara bagian tersebut dalam waktu 24 jam, setelah guncangan dengan kekuatan 4,7 skala Richter, Sabtu pagi. Kedua gempa itu berpusat di sebelah timur Oklahoma City, di Lincoln County.

Belum ada laporan mengenai korban cedera serius atau korban jiwa.

J.L. Gilbert, pemilik Sparks Vineyard and Winery, sekitar empat mil dari pusat gempa, mengatakan guncangan berlangsung selama 30 detik.

"Itu adalah guncangan yang cukup kuat. Kami tak terbiasa dengan ini. Kami terbiasa disedot angin," kata Gilbert. Ia merujuk kepada reputasi Oklahoma sebagai lembah tornado.

Salah seorang pegawai Gilbert dibawa ke rumah sakit setelah kepalanya cedera karena terbentur pintu ke luar sewaktu ia bergegas keluar rumahnya, kata Gilbert.

Di Prague, Oklahoma, tempat gempa sebelumnya berpusat, Manager Kota, Jim Greff mengatakan guncangan paling akhir tersebut membuat roboh satu cerobong asap yang kemudian menimpa atap satu rumah.

Bagian kisi-kisi di langit-langit perpustakaan Prague ambruk selama gempa mengguncang, tapi tembok bangunan itu masih utuh, kata Greff.

Gempa tersebut membuat jalan raya antar negara bagian Highway 62 amblas di tiga tempat di sebelah barat Prague dan membuat batu seukuran mobil SUV menggelinding ke jalan desa di bagian tenggara Lincoln County, kata Aaron Bennett, penyelia di divisi penanganan keadaan darurat di wilayah itu.

Empat gempa susulan akibat gempa pertama terasa sekitar pukul 01:00 tadi malam, kata Bennett.

Gempa tersebut terasa lebih dari 300 mil dari Kansas City, tempat gempa Bumi itu menggetarkan jendela dan mengguncang rumah selama setengah menit, kata seorang saksi mata pada Reuters.

Gempa kedua tersebut berada pada kedalaman lima kilometer dan berpusat sekitar enam kilometer di sebelah timur Sparks, yang berada di sebelah timur Oklahoma City.

Gempa Bumi dengan kekuatan 4,0 skala Richter di sebelah timur Rocky Mountains dapat terasa dari jarak 60 mil, kata USGS. Gempa dengan kekuatan 5,5 pada skala Richter dapat dirasakan sampai 300 mil dari pusat gempa, katanya.

Penulis:

Sumber:Antara