Logo CIA
Di Afghanistan, CIA memastikan lapangan terbang di Afghanistan dapat dipakai oleh pesawat terbang tanpa awak untuk memburu anggota al-Qaeda di Pakistan.

Agen Rahasia Amerika (CIA) akan terus memainkan peranan besar di Irak dan Afghanistan setelah menarik pasukan dari dua negara itu. Penarikan pasukan ini merupakan rancangan Presiden Barack Obama yang kemudian mengandalkan pada operasi khusus untuk melindungi kepentingan Amerika di dua zona perang. Demikian sebut staf CIA hari ini.

Mereka menyebutkan, pimpinan CIA di Kabul dan Baghdad menjadi pos terbesar agen CIA di luar negeri dalam beberapa tahun ini. Diakui, aktivitas CIA sudah berkurang dibandingkan ketika Amerika menumpaskan pemberontakn serta membangun kepercayaan masyarakat pada dua negara terhadap Amerika.

Penarikan pasukan Amerika dari Irak pada Desember lalu bermakna aktivitas CIA beralih pada intelijen dengan memantau pemerintah Baghdad, membendung aktivitas jaringan al-Qaeda dan menahan pengaruh Iran.

Di Afghanistan, CIA memaikan peranan operasi yang lebih agresif. Pegawai Amerika berkata, CIA berusaha menggoyahkan posisi Taliban, melindungi pemerintah di Kabul dan memastikan lapangan terbang di Afghanistan dapat dipakai oleh pesawat terbang tanpa awak CIA untuk memburu anggota al-Qaeda di Pakistan.

Dulu CIA di Kabul memiliki 1.000 kaki tangan yang bekerjasama dengan dengan tentera Operasi Khas ketika dimulai penarikan tentara. Komander Operasi Khas yang membunuh Osama bin Laden tahun lalu Laksamana William McRaven menyebutkan  penarikan itu di Washington, semalam.

"Saya tidak ragu-ragu pasukan Operasi Khas adalah pasukan terakhir yang akan meninggalkan Afghanistan," kata McRaven.

Penulis: /FER