Kapal Perang AS Tabrak Kapal Dagang, 7 ABK Hilang i

Kapal perang AS jenis destroyer, USS Kidd.

Oleh: Unggul Wirawan / WIR | Sabtu, 17 Juni 2017 | 16:53 WIB

Washington - Tujuh orang pelaut kapal perang AS USS Fitzgerald masih hilang setelah bertabrakan dengan kapal dagang di perairan Jepang, Sabtu (17/6).

“Ada tujuh pelaut yang belum diketahui. Kapal perang dan Penjaga Pantai Jepang masih melakukan pencarian atas mereka. Kamis masih mencari orang-orang yang hilang,” kata Penjaga Pantai Jepang.

Menurut Angkatan Laut AS, Jumat (16/6), kapal perang USS Fitzgerald mengalami kerusakan cukup parah. Sementara Komandan Bryce Benson merupakan salah satu dari tiga korban yang luka-luka dalam insiden tersebut. Seluruh korban luka diterbangkan ke RS Angkatan Laut di Yokosuka, Jepang. Saat ini, Benson dalam kondisi stabil.

Menurut pihak angkatan laut AS, Benson memimpin kapal perang itu sejak 13 Mei lalu setelah menjadi petugas eksekutif sejak November 2015.

Kepala Operasi Maritim Angkatan Laut AS Adm. John Richardson mengatakan tiga pelaut dievakuasi. Sementara para pelaut lain yang luka ringan sudah dalam penanganan.

Menurut Penjaga Pantai Jepang, kedua kapal bertabrakan di Samudra Pasifik sekitar 56 mil dari pelabuhan Yokosuka dan 12 mil dari Semenanjung Izu.Akibat tabrakan itu, kapal perang USS Fitzgerald mengalami kebocoran.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT