Kapal Perang AS Tabrakan dengan Kapal Dagang

Kapal pernag jenis destroyer USS Fitzgerald milik Amerika (kiri) rusak parah setelah bertabrakan dengan sebuah kapal dagang di lepas pantai Jepang, 17 Juni 2017. (CNN)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Sabtu, 17 Juni 2017 | 22:56 WIB

Tokyo - Kapal perang jenis destroyer milik Angkatan Laut Amerika Serikat terlibat tabrakan dengan sebuah kapal pengangkut kontainer di lepas pantai Jepang, Sabtu (17/6) dini hari waktu setempat, dan hingga sekarang tujuh awak kapal perang itu masih hilang.

Kapal perang USS Fitzgerald berbobot 10.000 ton bertabrakan dengan kapal dagang ACX Crystal berbobot 29.000 ton. Kapal pengangkut kontainer itu milik perusahaan Jepang namun berbendera Filipina.

Sebagai akibatnya, kapal destroyer AS rusak parah di lambung kanan sementara ACX Crystal hanya mengalami kerusakan tak berarti.

"Ini hari yang sulit," kata Laksamana Madya Joseph P. Aucoin, komandan Armada ke-7 Amerika Serikat, menanggapi kecelakaan itu.

Penyebab kecelakaan sampai saat ini masih dalam penyelidikan. Peristiwa itu terjadi di 56 mil laut sebelah baratdaya Yokosuka dan 12 mil laut dari Semenanjung Izu.

Awak kapal yang hilang kemungkinan terjebak di area kapal destroyer yang rusak.

Pasca-tabrakan, awak kapal USS Fitzgerald mampu mengatasi banjir di dalam kabin, mengembalikan kestabilan kapal, dan membawanya ke pangkalan Angkatan Laut AS di Yokosuka. Sehari sebelumnya, destroyer itu meninggalkan pangkalan yang sama untuk operasi rutin.

"Tabrakan itu berdampak pada sisi kanan depan kapal, di atas dan di bawah garis air, sehingga menimbulkan kerusakan cukup parah dan banjir ke dalam dua ruang isttirahat, satu ruang mesin, dan ruang radio," bunyi pernyataan Angkatan Laut AS.

Komandan USS Fitzgerald Komodor Bryce Benson dievakuasi oleh helikopter Angkatan Laut Jepang sementara dua anak buahnya yang terluka dievakuasi dengan heli AS. Kondisi mereka bertiga dikabarkan sudah membaik.

Fitzgerald adalah kapal destroyer kelas Arleigh Burke dengan kemampuan menembakkan peluru kendali, diperkuat oleh sekitar 330 awak. Februari lalu kapal ini baru saja menjalani reparasi dan peningkatan kemampuan sebelum kemudian berlayar menuju Yokosuka untuk tugas pengamanan di kawasan Indo-Asia-Pasifik.

ACX Crystal disewa oleh perusahaan pelayaran Jepang Nippon Yusen Kabushiki Kaisha dan dimiliki oleh Dainichi-Invest Corporation. Tak satu pun awak kapal itu yang cedera dalam kecelakaan tersebut.

Foto yang beredar menunjukkan kapal itu praktis hanya mengalami lecet di bagian haluan.




Sumber: CNN
ARTIKEL TERKAIT