Ini Daftar Serangan Tabrak Mobil di Eropa

Polisi berjaga-jaga setelah serangan teroris di Barcelona. (AFP)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Jumat, 18 Agustus 2017 | 18:25 WIB

Serangan teroris dengan cara menabrakkan mobil ke kerumunan orang seperti yang terjadi di Barcelona, Spanyol, Kamis (17/8) lalu, bukan hal baru, dan justru menjadi tren yang mengkhawatirkan di kawasan Eropa.

Bahkan hanya sehari kemudian, serangan serupa dilakukan di Cambrils, Spanyol, mencederai paling tidak tujuh orang.

Dengan demikian, sedikitnya telah terjadi 10 serangan tabrak mobil di Eropa, kalau dirunut sejak akhir 2014.

Berikut daftar serangan tersebut:

Prancis, Desember 2014: Sebuah mobil van ditabrakkan ke sebuah pasar yang menjual pernik Natal di Nantes dan sebuah mobil menabrak pejalan kaki di Dijon, lebih dari 20 orang cedera.

Nice, Prancis, 14 Juli 2016: Warga Tunisia Mohamed Lahouaiej-Bouhlel mengarahkan truknya ke kerumunan orang di Promenade des Anglais, saat perayaan Bastille Day, menewaskan 86 orang.

Berlin, Jerman, 19 Desember 2016: Warga Tunisia Anis Amri menghantamkan truknya ke kios-kios Natal di Breitscheidplatz, menewaskan 12 orang.

London, Inggris, 22 Maret 2017: Empat orang tewas ketika sebuah mobil menabrak para pejalan kaki di Jembatan Westminster. Pengemudi mobil itu kemudian menusuk seorang polisi hingga tewas.

Stockholm, Swedia, 7 April 2017: Warga Uzbekistan Rakhmat Akilov melajukan kontainernya ke kawasan perbelanjaan dan membunuh lima orang.

London, 3 Juni 2017: Delapan orang tewas oleh serangan mobil van berisi tiga pelaku yang juga menikam para pejalan kaki di Jembatan London.

London, 19 Juni 2017: Seorang pria tewas dalam sebuah serangan mobil van yang diarahkan ke komunitas Muslim di luar sebuah masjid di Finsbury Park.

Paris, 9 Agustus 2017: Seorang pria menabrakkan mobil BMW ke rombongan tentara, enam orang cedera.

Barcelona, 17 Agustus 2017: Sebuah mobil van menabrak rombongan turis dan warga lokal di kawasan Las Ramblas, menewaskan 13 orang dan mencederai puluhan lainnya.

Cambrils, Spanyol, 18 Agustus 2017: sebuah mobil van menabrak pejalan kaki dan kemudian terguling, mencederai tujuh orang. Lima pria yang keluar dari mobil itu tewas ditembak polisi.




Sumber: BBC
ARTIKEL TERKAIT