Korea Utara Ancam Akan Tenggelamkan Jepang

Tentara Korea Utara. (AFP)

Oleh: Faisal Maliki Baskoro / FMB | Kamis, 14 September 2017 | 15:18 WIB

Pyongyang - Korea Utara mengancam akan menggunakan senjata nuklir kepada Jepang dan menghancurkan Ameria Serikat menjadi "abu dan kegelapan" karena mendorong Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menjatuhkan sanksi pada Korut.

"Japan tidak perlu lagi ada di sekitar kita. Keempat pulau di Jepang seharusnya ditenggelamkan dengan bom nuklir Juche (ideologi Korut)," demikian disampaikan kantor berita Korut KCNA yang mengutip pernyataan Korea Asia-Pacific Peace Committee, Kamis (14/9).

"Jepang tampaknya belum menyadari kemampuan rudal kami yang melewati wilayah Jepang baru-baru ini," lanjut seorang juru bicara Korea Asia-Pacific Peace Committee kepada KCNA.

Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menyebut pernyataan Korut sangat provokatif.

"Jika Korut tidak mengubah haluan maka negara itu akan semakin terisolasi dari dunia. Melalui implementasi resolusi Dewan Keamanan PBB, komunitas internasional akan terus menekan Korut untuk mengubah kebijakannya," kata Suga.

Korut juga melontarkan ancaman kepada AS. "Sekarang saatnya menghapus imperialis AS. Mari kita mobilisasi kekuatan yang sudah dipersiapkan selama ini," demikian menurut Korea Asia-Pacific Peace Committee.

"Korea Selatan adalah pasukan boneka, pengkhianat dan anjing peliharaan AS. Pengkhianat pro-AS seharusnya dihukum mati," tulis sebuah pernyataan dari Korea Asia-Pacific Peace Committee.

Sanksi PBB kepada Korut meliputi pembatasan impor minyak dan larangan ekspor tekstil oleh Korut, sebagai upaya menekan pasokan bahan bakar dan pendapatan yang dipakai membiayai program nuklirnya. Korut dijatuhkan sanksi setelah negara itu melakukan uji coba nuklir keenam dan yang terbesar sejauh ini.




Sumber: Bloomberg
ARTIKEL TERKAIT