Italia Usir Duta Besar Korut

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un (tengah) melihat perangkat logam di lokasi yang tidak diketahui. Korea Utara telah mengembangkan bom hidrogen yang dapat dimasukkan ke dalam rudal balistik antarbenua. (AFP)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Minggu, 1 Oktober 2017 | 18:08 WIB

Roma - Pemerintah Italia telah meminta duta besar (Dubes) baru Korea Utara (Korut), Mun Jong-nam, untuk meninggalkan negara tersebut. Tindakan pengusiran ini merupakan bagian dari protes terhadap uji coba peluru kendali yang dilakukan Pyongyang beberapa waktu lalu.

Menteri Luar Negeri Italia, Angelino Alfano, mengumumkan tindakan pengusiran itu dalam wawancara dengan surat kabar La Repubblica, yang terbit Minggu (1/10).

"Kami telah mengambil tindakan tegas atas gangguan dalam prosedur pengesahan. Dubes Korut harus meninggalkan negara ini," kata Alfano.

"Kami ingin membuat Pyongyang memahami bahwa tindakan pengucilan tidak dapat dielakan jika mereka tidak mengubah pendiriannya," lanjut Alfano.

Alfano menegaskan, pemerintah Italia tidak memutuskan hubungan diplomatik dengan Korut. "Hal ini tentunya selalu berguna untuk menjaga saluran komunikasi," tambahnya.

Sebelumnya, Korut telah menunjuk Mun Jong-nam sebagai Dubes barunya untuk Italia pada Juli lalu untuk mengisi pos kedutaan yang kosong selama lebih dari setahun.

Mun Jong-nam sejatinya telah mulai berkantor di Roma. Sayangnya, diplomat ini tidak menyelesaikan pendaftarannya kepada otoritas berwenang di Italia.




Sumber: AFP, CNA
ARTIKEL TERKAIT