Korut Tuduh AS Lakukan Percobaan Pembunuhan terhadap Kim Jong Un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un (kedua kanan) melihat perangkat logam di lokasi yang tidak diketahui. Korea Utara telah mengembangkan bom hidrogen yang dapat dimasukkan ke dalam rudal balistik antarbenua. (AFP)

Oleh: Faisal Maliki Baskoro / FMB | Sabtu, 7 Oktober 2017 | 17:17 WIB

Pyongyang - Korea Utara menuduh agen Amerika Serikat sempat melancarkan percobaan membunuh Kim Jong Un, pemimpin negara itu, sekitar bulan Mei lalu.

"Bulan Mei lalu, atas perintah Badan Intelijen AS (CIA) dan Badan Intelijen Korea Selatan, sekelompok teroris menyusup ke negara kami untuk melakukan tindakan terorisme yang didukug negara terhadap markas besar pemimpin kami menggunakan senjata biologis dan kimia. Tetapi, Korut berhasil menggagalkan serangan itu," kata kantor berita Korut KCNA, Jumat (6/10).

Hal ini terungkap dalam laporan delegasi Korut kepada Sidang Umum PBB ke-72 soal komitmen Korut memerangi terorisme

"Serangan ini menunjukkan sifat asli AS," tulis KCNA.

Sebelum serangan Mei itu, Korea Utara meyakini AS memiliki rencana yang dinamakan "Plan Jupiter" untuk menyingkirkan Kim menggunakan senjata biokimia.

Semua klaim Korea Utara soal rencana penggulingan Kim belum terkonfirmasi hingga saat ini. Pihak AS belum memberikan jawaban terkait tuduhan penyusupan bulan Mei yang dilontarkan Korut.

KCNA juga menulis alasan Korea Utara menolak melucuti senjata nuklirnya adalah karena kekhawatiran akan diserang oleh AS.




Sumber: Newsweek
ARTIKEL TERKAIT