Unjuk Kekuatan, AS Terbangkan 2 Pengebom ke Semenanjung Korea

Pesawat pengebom B1-B Lancer milik Angkatan Udara AS. (istimewa)

Oleh: Yudo Dahono / YUD | Rabu, 11 Oktober 2017 | 10:19 WIB

Seoul - Angkatan Udara Amerika Serikat menerbangkan dua pesawat pengebom B-1B Lancer ke Semenanjung Korea, Selasa (10/10). Kehadiran dua bomber tersebut dilakukan AS untuk unjuk kekuatan di tengah tingginya tensi ketegangan antara Amerika dengan Korea Utara akhir-akhir ini, demikian dilansir militer Korea Selatan.

Dua pesawat B-1B itu dikawal dua pesawat tempur F-15K dari militer Korea Selatan. Dua pengebom itu terbang dari pangkalan udara di Guam, Mikronesia, demikian diungkapkan militer AS melalui keterangan, Rabu (11/10).

Pihak militer AS dalam rilis terpisah menyatakan bahwa pesawat tempur Jepang turut serta dalam latihan ini. Kehadiran pesawat tempur dari tiga negara AS, Jepang dan Korsel menjadi latihan udara pertama yang dilakukan dalam malam hari.

Setelah memasuki wilayah udara Korea Selatan, dua pengebom tersebut melepaskan misil udara ke darat di wilayah Pantai Timur Korsel. Pesawat tersebut kemudian terbang ke Perairan Selatan Korsel dan Tiongkok dan mengulangi latihan yang sama.

Militer Korsel menyatakan bahwa latihan tersebut merupakan latihan rutin untuk memperkuat pertahanan militer sekaligus menunjukkan kekuatan aliansi militer antara AS dengan Korea Selatan.




Sumber: NY Daily News
ARTIKEL TERKAIT