TETO Rayakan Meriah Hari Nasional Taiwan ke-106

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen. (Istimewa)

Oleh: Unggul Wirawan / WIR | Kamis, 12 Oktober 2017 | 17:45 WIB

Jakarta - Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan di Indonesia (TETO) menyelenggarakan Nasional Day Gala Dinner di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (10/10). Acara ini dihadiri sekitar 1.000 undangan, di antaranya sejumlah pejabat Indonesia, anggota DPR, tokoh masyarakat, pengusaha Taiwan, cendikiawan, budayawan, dan wartawan.

Acara dimulai dengan nyanyian lagu nasional Taiwan dan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan pidato sambutan dari Kepala Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan di Indonesia John Chen. Para tamu undangan diajak bersulang bersama dan pemotongan kue untuk merayakan ulang tahun Republic of China (Taiwan) yang ke-106.

Kepala TETO John Chen menyatakan, tahun 2017, Taiwan telah mencapai berbagai kemajuan, beberapa industri unggulan telah diakui dunia internasional. Taiwan berada di urutan ke empat sebagai tempat tinggal dan bekerja bagi orang asing, bahkan dalam kebebasan pers berada di urutan pertama di Asia.

Pemerintah Taiwan juga memprakarsai beberapa kebijakan produksi untuk pengalihan sistem ekonomi, termasuk “Asia Silicon Valley Center” dan “Asia Pacific Medical Development Center” serta produk “ 5+2 ” , diyakini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Dengan kebijakan “New Southbound Policy”, hubungan kedua negara menuju level yang lebih baik. Dengan prinsip saling menguntungkan, meningkatkan kerja sama di bidang pertanian, investasi perdagangan serta pembinaan sumber daya manusia. Di enam bulan pertama tahun ini, nilai investasi Taiwan di Indonesia mencapai US$ 300 juta, dua kali lipat lebih besar dari tahun lalu.

Pada tahun 2017, 69 warga Indonesia menerima beasiswa oleh pemerintah Taiwan. Jumlah itu lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 39 orang. Pada program pembelajaran teknik produksi oleh pemerintah Taiwan, para pelajar Indonesia berlatih lebih intensif, setelah lulus akan memperoleh peluang kerja yang lebih baik. Lahan percontohan pertanian dan bibit unggul juga terus dilaksanakan.

Acara gala dinner kali ini cukup meriah dengan menampilkan berbagai kebudayaan Taiwan. Seluruh tamu undangan juga menyaksikan pemutaran film dokumentasi “Dynamic Taiwan Embracing the World” dan film “Beyond Beauty – Taiwan From Above”. Dua film ini memperlihatkan kepada para hadirin keunikan panorama dan sosial budaya Taiwan.

Acara juga diisi dengan tarian Aborigin oleh siswa Taipei School, dan peragaan kaligrafi oleh Xiao Ji-Hui dari Taiwan. Taiwan ladies club Indonesia juga menyuguhkan permainan alat musik angklung, yang menyanyikan lagu Bengawan Solo, Mei Hua, Tomorrow Will Be Better, sehingga membuat suasana acara menjadi semakin meriah.

Selain pertunjukan yang menarik, juga diadakan pameran produk-produk Taiwan, seperti makanan unik xiao long bao dari Din Tai Fung, Bubble Tea dari Chatime, teh khas Taiwan dari Tien Ren, kue khas Eaton, es salju, serta kopi Golden Malabar. Acara dipenuhi dengan ucapan selamat, keceriaan dan keharmonisan.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT